Pengaruh Uang Saku dan Dukungan Teman Sebaya Terhadap Konsumsi Sayur dan Buah (Studi Pada Mahasiswa Kost)

The Influence of Pocket Money and Peer Support on Vegetable and Fruit Consumption (Study on Boarding School Students)

  • Ayu Rofia Nurfadillah Jurusan Kesehatan Masyarakat UNG
  • Sri Agleylan Kimun Jurusan Kesehatan Masyarakat UNG
Keywords: Sayur, Buah, Mahasiswa

Abstract

Permasalahan utama  yang dihadapi dalam konsumsi sayur dan buah secara nasional penduduk Indonesia masih berada di bawah. Mahasiswa yang tinggal di kos merupakan kelompok masyarakat yang rentan dilihat dari aspek gizi, banyak hal yang diduga berpengaruh dengan kebiasaan konsumsi sayur dan buah antara lain umur, jenis kelamin, prefarensi, pegetahuan gizi, uang saku, dukungan teman sebaya, dan dukungan orang tua. Rumusan masalah adalah faktor apa yang mempengaruhi kebiasaan konsumsi sayur dan buah pada Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kebiasaan konsumsi sayur dan buah pada Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh mahasiswa Kesehatan Masyarakat angkatan 2018 aktif yang tinggal di kos yang berjumlah 53 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil analisis didapatkan bahwa variabel uang saku p-value 0,000 (? < 0,05) dan dukungan teman sebaya p-value 0,000 (? < 0,05). Simpulan ada pengaruh uang saku dan dukungan teman sebaya terhadap kebiasaan konsumsi sayur dan buah pada mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Gorontalo. Saran bagi mahasiswa hendaklah memiliki kebiasaan konsumsi sayur dan buah harian sesuai porsi yang di anjurkan, dan memilih rumah kos yang dekat dengan tempat yang menjual sayur dan buah sehingga akan lebih mudah untuk mendapatkan sayur dan buah yang akan di konsumsi serta menjamin ketersediaan sayur dan buah di kos.

References

Anzarkusuma. 2014. “Status Gizi Berdasarkan Pola Makan Anak Sekolah Dasar Di Kecamatan Rajeg Tangerang.” Indonesia Journal of Human Nutrition.
Arbianingsih, Mulyana Anwar, Huriati, and Nur Hidayah. 2021. “Factors Associated with Fruit and Vegetables Consumption Behavior Among Adolescents Based on The Health Promotion Model.” Asian Community Health Nursing Research 3(1): 1.
Hartanto. 2016. “Pengaruh Gaya Hidup , Kelompok Acuan Dan Uang Saku Terhadap Pola Konsumsi Mahasiswa.”
Kadir, Sunarto. 2021. Gizi Masyarakat. Yogyakarta: Absolute Media.
Kementerian Kesehatan RI. 2018. 2 Laporan RISKESDAS 2018.
Khomsan. 2008. Sehat Itu Mudah. Jakarta: Hikmah.
Lutfiah, Ulfa, Yahanes Hadi Soesilo, and Lisa Rokhmani. 2015. “Pengaruh Jumlah Uang Saku Dan Kontrol Diri Terhadap Pola Konsumsi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.” Jurnal Pendidikan Ekonomi (JPE) 8(1): 48–56. http://journal.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/8779/4224.
Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2014. PEDOMAN GIZI SEIMBANG.
Mohammad, Andika, and Siti Madanijah. 2015. “Konsumsi Buah Dan Sayur Anak Usia Sekolah Dasar Di Bogor.” Jurnal Gizi dan Pangan 10(1): 71–76.
Muna, Nadya Itsnal, and Mardiana. 2019. “FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KONSUMSI BUAH DAN SAYUR PADA REMAJA.” 1(1): 1–11.
Produce For Better Health Foundation. 2015. “2015 State of the Plate.” : 32. http://www.pbhfoundation.org/pdfs/about/res/pbh_res/State_of_the_Plate_2015_WEB_Bookmarked.pdf.
Ruwaidah. 2007. Penyakit Akibat Lalai Mengonsumsi Buah Dan Sayur Serta. Solusi Penyembuhannya. Jakarta: Puspa Swara.
Safitri, Dina. 2019. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Konsumsi Sayur Dan Buah Pada Siswa Di SDN 11 Rujukan Lubuk Buaya.” Journal of Chemical Information and Modeling 110(9): 1689–99.
Sianturi, Elly. 2017. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kebiasaan Konsumsi Sayur Dan Buah Pada Remaja Yang Tinggal Di Rumah Kos Di Kota Tarutung.” Universitas Sumatera Utara.
Published
2024-05-15
Section
Artikel Penelitian