Perubahan Pengetahuan Masyarakat Tentang Bahaya Merokok Melalui Pendekatan Edukasi Kesehatan di Desa Binangga Kecamatan Parigi Tengah Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah

Changes in Community Knowledge About the Dangers of Smoking Through a Health Education Approach in Binangga Village, Parigi Tengah District, Parigi Moutong Regency, Central Sulawesi Province

  • Putri indah mayang sari Mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat FKM Universitas Muhammadiyah Palu
  • Melia Mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat FKM Universitas Muhammadiyah Palu
  • Nurlayla Aminuddin Mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat FKM Universitas Muhammadiyah Palu
  • Marsela Mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat FKM Universitas Muhammadiyah Palu
  • Juniardi Mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat FKM Universitas Muhammadiyah Palu
  • Zhanaz Tasya Dosen Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat FKM Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muhammad Syukran Dosen Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat FKM Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Pengetahuan Masyarakat, Bahaya Merokok, Edukasi Kesehatan

Abstract

Merokok, sebagai kegiatan umum di kalangan masyarakat global, menjadi fenomena sosial dan industri yang berkembang pesat sejak diperkenalkan di Indonesia pada abad ke-17. Meskipun industri rokok memberikan keuntungan ekonomi, peningkatan prevalensi merokok, terutama pada kelompok usia muda, mengakibatkan beban kesehatan dan sosial yang signifikan. Keterlibatan industri rokok dan dampak merokok pasif di dalam rumah memunculkan keprihatinan terhadap dampak kesehatan yang lebih luas. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi tentang bahaya merokok di dalam rumah terhadap pengetahuan masyarakat di desa binangga. Studi ini menggunakan pre-test dan post-test pada Sebanyak 25 responden. Terdapat perbedaan yang signifikan pada pengetahuan dengan mean nilai pre-test 5.04 dan nilai mean posttest 7.20 mengalami peningkatan sebesar 2.16 pengetahuan masyarakat desa binangga terhadap bahaya merokok di dalam rumah. Diharapkan setelah dilakukan penyuluhan dan edukasi terkait bahaya merokok di dalam rumah masyarakat mampu menerapkan ilmu yang sudah didapatkan pada kehidupan sehari-hari.

References

Muslim NA, Adi S, Ratih SP, Ulfah NH. Determinan Perilaku Merokok Remaja SMA/Sederajat di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Perilaku dan Promosi Kesehat Indones J Heal Promot Behav. 2023;5(1):20.

Ahmad S. Halal Haram Rokok. Fiqih Publ. 2019;1–35.

Chabiba O, Sa’diyah DL. Analisis Maqasid Syariah dan Kesadaran Hukum Masyarakat terhadap Ijtihad Muhammadiah dalam Fatwa Tentang Haram Rokok. Muslim Herit. 2021;6(1).

Sekeronej DP, Saija AF, Kailola NE. Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Tentang Perilaku Merokok Pada Remaja Di Smk Negeri 3 Ambon Tahun 2019. PAMERI Pattimura Med Rev. 2020;2(1):59–70.

Pertiwi EM, Budiman, Nurjanah. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Merokok pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 Palu. J Kolaboratif Sains. 2020;3(2):2020–3.

Organization WH. Tobacco. 2023;

RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. pengaruh paparan asap rokok pada ibu hamil. 2022.

Juliansyah E, Rizal A. Faktor Umur, Pendidikan, dan Pengetahuan dengan Perilaku Merokok di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Durian, Kabupaten Sintang. Visikes J Kesehat Masy. 2018;7(1):92–107.

Raudatussalamah R, Rahmawati Y. Perilaku Merokok Pada Pelajar: Peran Orang Tua Dalam Pengasuhan. PsikobuletinBuletin Ilm Psikol. 2020;1(1):20.

Isni K, Dahlan UA. Insan Cita. 2022;4(2).

Amila A, Pardede JA, Simanjuntak GV, Nadeak YLA. Peningkatan Pengetahuan Orang Tua Tentang Bahaya Merokok Dalam Rumah Dan Pencegahan Ispa Pada Balita. JUKESHUM J Pengabdi Masy. 2021;1(2):65–70.

Purwadi HN, Setiaji B, Maryam MS. Efektifitas Media Promosi Kesehatan Di Sekolah Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Merokok Pada Siswa Kelas Vii Di Sltp N 13 Kota Tangerang. J Kesehat Indra Husada. 2019;7(1):11.

Hutabarat ENN, Rochadi RK, Aulia D. Pengaruh Karakteristik Dan Persepsi Individu Tentang Peringatan Bahaya Merokok Pada Bungkus Rokok Terhadap Perubahan Sikap Perokok Aktif Di Lingkungan Xxvii Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan. J Muara Sains, Teknol Kedokt dan Ilmu Kesehat. 2019;3(1):9.

Rakasiwi LS. Pengaruh Faktor Demografi dan Sosial Ekonomi terhadap Status Kesehatan Individu di Indonesia. Kaji Ekon dan Keuang. 2021;5(2):146–57.

Seko MK, Engkeng S, Tucunan AAT. Pengaruh Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan Peserta Didik Tentang Bahaya Merokok Di Sma Negeri 1 Manado. J KESMAS. 2020;9(1):158–68.

Kurniati G, Widiatutik O, Suwarni L, Program *, Kesehatan S, Universitas M, et al. Efektivitas Media Video Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Tentang Bahaya Merokok Pada Anak Sekolah Menengah Pertama. J Endur. 2020;5(2):251–8.

Published
2024-05-10
Section
Artikel Penelitian