Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Pengetahuan Masyarakat Tentang Pengolahan Sampah

The Effect of Providing Pre-Tests and Post-Tests on Community Knowledge About Waste Management

  • Nur safitri Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu
  • Magfira Malik Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sri Hera Wati Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu
  • Siti Dzahra Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu
  • Geby Gosal Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu
  • Nur Iftita Rini Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu
  • Syahrial Akbar Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu
  • Robert Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu
  • Eka Prasetia Hati Baculu Dosen Fakultas Kesehatan Msyarakat Universitas Muhammadiyah palu
  • Muh Anzar Dosen Fakultas Kesehatan Msyarakat Universitas Muhammadiyah palu
Keywords: Penyuluhan, Pengolahan, Sampah, Pengetahuan

Abstract

Salah satu permasalahan yang sering ditemui di masyarakat adalah pengolahan sampah. Sampah dapat menimbulkan permasalahan lingkungan apabila keberadaannya tidak tertangani dengan baik. Sampah selalu timbul menjadi persoalan rumit dalam masyarakat yang kurang memiliki kepekaan terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat pengetahuan masyarakat terkait pengolahan sampah di Desa Petapa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan metode pengumpulan data adalah data primer observasi dan penyuluhan serta dokumentasi. Instrsumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner di mana waktu penelitian dilaksanakan tanggal 1 sampai 7 februari 2024. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 16 masyarakat desa petapa. Hasil penelitian ini di peroleh Hasil uji t- berpasangan menunjukkan nilai Sig = 0,001 (?0,05) hal ini dapat diartikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat perbedaan pemahaman terkait pengolahan sampah sebelum dan sesudah penyuluhan bahwa di desa petapa masyarakatnya lebih banyak membuang sampah sembarangan dari mengolah sampah.penyebab masyarakat tidak melakukan pengelohan sampah karena kurangannya pengetahuan dan kesadaran masyarakat.

References

Ardianti, K., Budiman and Yusuf, H. (2018) ‘Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Penyakit Ispa Pada Anak Balita Desatinombo Kecamatan Tinombo Kabupaten Parigi Moutong’, Jurnal Kolaboratif Sains, 1(1), pp. 465–476.

Astry Axmalia, S.A.M. (2020) ‘Dampak Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Terhadap Gangguan Kesehatan Masyarakat’, Jurnal Kesehatan Komunitas, 6(September), pp. 171–176.

Clasissa Aulia, D. et al. (2021) ‘Peningkatan Pengetahuan dan Kesadaran Masyarakat tentang Pengelolaan Sampah dengan Pesan Jepapah’, Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat (Pengmaskesmas), 1(1), pp. 62–70.

Febriyanti, R. et al. (2023) ‘Edukasi Pemilahan Sampah sebagai Upaya Penanganan Masalah Sampah di SD Muhammadiyah Baitul Fallah Mojogedang’, Buletin KKN Pendidikan, 5(1), pp. 37–45. Available at: https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i1.22456.

Marojahan, R. (2019) ‘Hubungan pengetahuan masyarakat tentang sampah dengan perilaku mengelola sampah rumah tangga di RT 02 dan RT 03 Kampung Garapan Desa Tanjung Pasir Kecamatan Teluk Naga Kabupaten Tangerang’, Jurnal Forum Ilmiah, 12(1), pp. 33–44.

Mokodompis, D., Budiman and Baculu, E.P.H. (2018) ‘Efektivitas Mikroorganisme Lokal Mol Limbah Sayuran Dan Buah- Buahan Sebagai Aktifator Pembutan Kompos’, kesehatan masyarakat, 1(3), pp. 94–103.

Nurmaisyah, F. and Susilawati, S. (2022) ‘Pengetahuan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kecamatan Percut Sei Tuan’, PubHealth Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(1), pp. 91–96. Available at: https://doi.org/10.56211/pubhealth.v1i1.47.

Nursakina, Budiman and Yani, A. (2019) ‘Efektifitas Bioekstrak Limbah Sayuran untuk Mempercepat Penghancuran Sampah Daun’, Jurnal Kolaboratif Sains, 1(1), pp. 632–639.

Setyowati, R. and Mulasari, S.A. (2013) ‘Pengetahuan dan Perilaku Ibu Rumah Tangga dalam Pengelolaan Sampah Plastik’, Kesmas: National Public Health Journal, 7(12), p. 562. Available at: https://doi.org/10.21109/kesmas.v7i12.331.

Syahfitri, R.I. et al. (2023) ‘Pendampingan dan Penyuluhan Edukasi Dalam Meningkatkan Pengetahuan tentang Pemilahan Sampah Organik dan Anorganik Pada Siswa/I SDIT Ashabul Kahfi’, PubHealth Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2(1), pp. 1–7. Available at: https://doi.org/10.56211/pubhealth.v2i1.311.

Published
2024-05-10
Section
Artikel Penelitian