Hubungan Lama Bekerja dan Pengetahuan dengan Kesiapsiagaan Petugas Kesehatan Menghadapi Bencana Banjir

The Relationship between Length of work and Knowledge with the Preparedness of Health Workers Facing Flood Disasters

  • Anisah Tifani STIKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu, Indonesia
  • Ibrahim Isnan Abdullah SDIT AL-IHSAN Bengkulu Tengah, Indonesia
  • Khariza Fadhila Syahnaz STIKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu, Indonesia
Keywords: Kesiapsiagaan Tenaga Kesehatan, Pendidikan, Pengetahuan

Abstract

Banjir merupakan jenis bencana alam yang paling sering terjadi termasuk di Kota Bengkulu. Menurut United Nations International Strategy for Disaster Reduction (UNISDR), banjir menempati posisi pertama kejadian bencana alam yang paling banyak terjadi di dunia, dengan persentase 45% kejadian dari tahun 1998 hingga 2017 sehingga berdampak kepada 2 miliar manusia di seluruh dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lama bekerja dan pengetahuan dengan kesiapsiagaan petugas kesehatan menghadapi bencana banjir di Puskesmas Nusa Indah Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan Survey Analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi adalah seluruh tenaga kesehatan di Puskesmas Nusa Indah Kota Bengkulu Tahun 2023. Sampel berjumlah 39 orang diambil secara accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan data sekunder dan primer. Analisis data dengan uji Chi-Square (X2) dan Uji Contingency Coefficient (C). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara variabel lama bekerja dengan kesiapsiagaan tenaga kesehatan menghadapi bencana banjir dengan nilai p-value 0,027<? 0,05 dan terdapat hubungan antara variabel pengetahuan dengan kesiapsiagaan tenaga kesehatan menghadapi bencana banjir dengan nilai p-value 0,001<? 0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan lama bekerja dengan kesiapsiagaan tenaga kesehatan menghadapi bencana banjir. Diharapkan kepada tenaga kesehatan di puskesmas untuk mengikuti kegiatan pelatihan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, sehingga pada saat terjadi bencana tenaga kesehatan sudah siap dan memiliki pengalaman dalam menanggulangi bencana. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meningkatkan jumlah sampel dan variabel lanjutan terkait penelitian.

References

(BPBD), Badan Penanggulangan Bencana Daerah. 2022. Laporan Kinerja Instansi Pemerintah BPBD Bengkulu. Bengkulu.

Asian Disaster Reduction Center. 2021. “Natural Disaster Databook 2021 An Analytical Overview.” Asian Disaster Reduction Center.

Astuti, L. P., Hidayat, W., & Tarigan, F. L. 2022. “Kesiapsiagaan Petugas Kesehatan Dalam Manajemen Bencana Banjir Bandang Di Kecamatan Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah.” Jurnal Kesehatan 14(1).

BNPB. 2017. Buku Pedoman Latihan Kesiapsiagaan Bencana: Membangun Kesadaran, Kewaspadaan, Dan Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana. Jakarta: BNPB.

———. 2020. Buku Saku: Tanggap Tangkas Menghadapi Bencana Edisi 2020. Jakarta: BNPB.

———. 2022. BNPB Laporan Harian BNPB Indonesia 2022. Jakarta.

Direja, A. H. S., and Wulan. 2018. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kesiapsiagaan Tenaga Kesehatan Dalam Menghadapi Bencana Gempabumi Dan Tsunami.” Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana.

Jesita, Kevin Seand Kiki Grififit, and Endah sri Wahyuni. 2023. “Gambaran Tingkat Pengetahuan Kesiapsiagaan Masyarakat Menghadapi Bencana Tanah Longsor Di Jatiyoso Karanganyar.” SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat 2(2): 395–403. https://journal.literasisains.id/index.php/sehatmas/article/view/1753.

Karenhadi, Dwi Wahyu Sani S, Indah Dwi Pratiwi, Risa Herlianita, and Indri Wahyuningsih. 2021. “Nurses’s Knowledge and Attitude in Facing Potential Landslide Disasters.” Media Keperawatan Indonesia 4(4): 264.

Kataren. 2023. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kesiapsiagaan Petugas Kesehatan Menghadapi Bencana Alam Di Aceh Singkil.” Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Lisma, Lisma Puji Astuti, Wisnu Hidayat Wisnu, and Frida Lina Tarigan Frida. 2022. “Kesiapsiagaan Petugas Kesehatan Dalam Manajemen Bencana Banjir Bandang Di Kecamatan Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah.” Bina Generasi?: Jurnal Kesehatan 14(1): 54–63.

Notoadmojo. 2019. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nuraini, Rika, and Oktomi Wijaya. 2019. “Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Kesiapsiagaan Pegawai Rumah Sakit Dalam Menghadapi Bencana Di RSU PKU Muhannadiyah Bantul.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.

Nurdin, N., Lestari, S. A., Mudatsir, A., Islamiyah, Dina, H., & Amandaty, S. P. 2023. “Pengetahuan, Keterampilan Dan Suasana Pelayanan Kesehatan Dengan Kesiapsiagaan Perawat Dalam Menghadapi Bencana Wilayah Pesisir Di Kota Kendari; Cross Sectional Study.” Profesional Health Journal 5: 150–59.

Pinuji, Sridewanto et al. 2019. “Efektivitas Data Spasial Peta Rupa Bumi Indonesia (RBI) Dan Openstreetmap Dalam Pengambilan Keputusan Menggunakan Inasafe.” Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana 10(1): 22–29.

Rizki, M., Nababan, D., & Silitonga, E. 2021. “Hubungan Lama Kerja Dan Keterlibatan Kegiatan Dengan Pengetahuan Siaga Bencana.” Jurnal Kesehatan Masyarakat 5(2).

Setiawati, Indri, Gamya Tri Utami, and Febriana Sabrian. 2020. “Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Perawat Tentang Kesiapsiagaan Pelayanan Kesehatan Dalam Menghadapi Bencana Banjir.” Jurnal Ners Indonesia 10(2): 158.

Sihombing, R., Nabban, D., Irennius Girsang, V., Zuska, F., Ester Sitorus, M. 2020. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kesiapsiagaan Tenaga Kesehatan Menghadapi COVID-19 Di Rumah Sakit Umum Latersia Binjai Tahun 2020.” Kesehatan Masyarakat 2.

Supriyanto, G., Fahriani, M., & Hanifah, J. N. 2023. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kesiapsiagaan Dalam Mitigasi Bencana Banjir Bidang Kesehatan Di Puskesmas Suka Merindu Kota Bengkulu.” Jurnal Kesehatan Saintika Meditory 1(3).

Published
2024-05-07
Section
Artikel Penelitian