Analisis Kelayakan Usahatani Tanaman Nilam di Kecamatan Luwuk Timur Kabupaten Banggai

Feasibility Analysis of Patchouli Plant Farming in East Luwuk District, Banggai Regency

  • Amir Buhang Program Studi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Tompotika Luwuk Banggai, Indonesia
  • Yofandi Djibran Himran Program Studi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Tompotika Luwuk Banggai, Indonesia
  • Mastia M. Halimu Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tompotika Luwuk Banggai, Indonesia
Keywords: Kelayakan Usaha, Usahatani, Tanaman Nilam

Abstract

Pembangunan ekonomi menjadi tuntutan dan kewajiban bagi setiap negara-negara yang sedang berkembang seperti Indonesia. Sebagai negara agraris, pembangunan nasional diarahkan pada pembangunan sektor pertanian. Sektor pertanian itu sendiri mempunyai beberapa sub sektor yaitu sektor tanaman pangan, sektor perkebunan, sektor perikanan, sektor peternakan dan kehutanan. Provinsi Sulawesi Tengah, dan wilayah Kabupaten Banggai merupakan wilayah yang secara geografis adalah wilayah agraris, dimana sektor pertanian merupakan sektor prioritas dalam pembangunan nasional. Oleh karena itu pembangunan ekonomi di sektor prtanian ini dimaksudkan untuk mendorong dan meningkatkan kemandirian ketahanan pangan nasional dan peningkatan pendapatan perkapita untuk kesejahteraan masyarakat di wilayah atau daerah. Kelayakan usahatani secara finansial harus menjadi perhatian yang sangat penting dalam kebijakan pembangunan disektor pertanian. Hal ini terjadi karena kelayakan usahatani sangat menentukan besar kecilnya nilai keuntungan secara ekonomi yang diterima oleh para petani. Dengan melihat masalah tersebut menjadi salah satu alasan peneliti untuk melakukan penelitian terhadap budidaya tanaman nilam di Kecamatan Luwuk Timur Kabupaten Banggai. Ada beberapa alasan mengapa penulis melakukan penelitian ini, asalah satunya adalah untuk menganalisis kelayakan Usahatani dan pengaruhnya terhadap pendapatan petani tanaman Nilam di kecamatan Luwuk Timur. Sedangkan tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan harga jual minyak Nilam yang ada saat ini mendukung kelayakan usaha tanaman Nilam di Kecamatan Luwuk Timur, Kabupaten Banggai. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari data primer maupun data sekunder. Data primer didapatkan melalui mekanisme wawanacara terstruktur dengan menggunakan instrumen lembar observasi. Sedangkan data sekunder didapatkan dan dikumpulkan melalui instansi pemerintah ditingkat pemerintahan desa maupun pemerintahan kecamatan serta dari Badan Pusat Statistik. Dalam penelitian ini, jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 20 orang petani yang berasal dari desa-desa yang ada petani tanaman nilamnya di wilayah kecamatan Luwuk Timur.

References

Effendy, E., Romano, R., & Safrida, S. (2019). Analisis Sruktur Biaya Produksi dan Kesenjangan Pendapatan Petani Akibat Fluktuasi Harga Minyak Nilam. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 3(2), 360-374. https://jepa.ub.ac.id/index.php/jepa/art icle/view/199
Julia, A.A.A (2019). Prospek Pengembangan Home Industri Minyak Nilam di Gampong Pucok Drien Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya. Jurnal Agroristek, 2(2), 35-42. https://journal.unigha.ac.id/index.php/ JAR/article/view/185
Arikunto, Suharsimi. 2006, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta Budiona, 2014, Seri Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi, Edisis Keempat, Penerbit BPFE, Yogyakarta. Hidayati, S. 2019. Teori Ekonomi Mikro. Universitas Pamulang Tanggerang-Banten
Munandar, 2017. Analisis Kelayakan Usahatani Tanaman Nilam di Kecamatan Taluditi, Kabupaten Konawe Pohuwato. Skripsi, Universitas Negeri Gorontalo.
Nugraha, N.2008. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Komunitas Minyak Nilam Di Jawa Barat. Skripsi. Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Indonesia Depok.
Rahardja, Prathama dan Mandala, Manurung, 2004, Pengantar Ekonomi Mikro, Penerbit LPFE Universitas Indonesia, Jakarta
Sadono, 2012. Pengantar Teori Mikroekonomi, Penerbit Raja Gafindo Persada, Jakarta
Soekartawi, 2011. Ilmu Usaha Tani Dan Penelitian Pembangunan Petani Kecil, Penerbit, Rajawali Pres. Jakarta
Soekartawi, 2016. Analisis Pendapatan Dan Biaya Produksi Usahatani. Penerbit, Penebar Swadaya. Jakarta.
Sudaryani, 2014. Budidaya Dan Penyulingan Tanaman Nilam, Penerbit, Penebar Swadaya, Jakarta. Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Penerbit, Alfabeta, Bandung Sugiono, (2019), Statistik Untuk Penelitian, Penerbit, Alfabeta, Bandung
Sukirno. 2013), Analisis Pendapatan. Http ://Digilib. Ac. Id/Bab. 2002.Pdf .2012. Pemasaran Pertanian, Penerbit, Umm, Press, Jakarta.
Umar, Husein, 2007, Studi Kelayakan Bisnis dan Sumber Daya Manusia, Edisi ketiga, Penerbit PT Gramedia Pustaka, Jakarta.
Wahid, Saenal. 2022. Analisis Kelayakan Usaha tani Tanaman Nilam di Desa Lere, Kecamatan Basala, Kabupaten Konawe Selatan. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar..
Zahara, V.M. & Anwar, C.J. 2021.Mikroekonomi (Sebuah Pengantar), Penerbit, Media Sains Indonesia, Bandung.
Published
2024-01-24
Section
Artikel Penelitian