Evaluasi Rekrutmen Dalam Menciptakan Keunggulan Kompetitif Perangkat Desa

Evaluation of Recruitment in Creating Competitive Advantages for Village Officials

  • Deddy Junaedi Universitas Nurul Jadid
  • Nafilatul Alwiyah Universitas Nurul Jadid
  • Septiani Ariska Ayu Dewi Universitas Nurul Jadid
  • Siti Masruroh Universitas Nurul Jadid
  • Sunaika Universitas Nurul Jadid
Keywords: Evaluasi Rekrutmen, Perangkat Desa, Keunggulan Kompetitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem seleki dalam menciptakan keunggulan kompetitif perangkata desa Sidorejo. Penelitian ini menggunakan metode peneltian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, responden dalam penelitian ini adalah perangkat desa Sidorejo yang diwakilkan dalam pelaksanaan wawancara oleh Bapak Amin. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah ada dianalisi secara deskriptif melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpula. Hasil penelitian ini yakni dengan melakukan wawancara yang menunjukkan pengembangan sumber daya manusia masih perlu adanya peningkatan serta perbaikan, yang ditunjukkan melalu rotasi kerja di Desa Sidorejo yang masih belum bisa diterapkan, latihan untuk intruksi pra kerja juga masih belum pernah dilakukan oleh perangkat desa disana. Kegiatan magang dikantor desa meskipun dibuka untuk umum, masih saja tidak ada yang berminat untuk mendaftar karena kurangnya sosialisasi dari pihak perangkat desa. Pengarahan yang dilakukan oleh kepala desa dilaksanakan hampir disetiap minggunya untuk melihat progres dari program kerja, dan juga penugasan sementara bagi perangkat desa jika berhalangan hadir pada kegiatan tertentu. Untuk hambatan dari pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan etos kerja perangkat desa Sidorejo , yakni masih kurangnya pengetahuan dan ketidaksiapan sumber daya manusia sehingga belum terlaksananya rotasi kerja. Kurangnya kedisiplinan dalam bekerja, kurangnya perhatian dalam kegiatan magang, pemahaman yang dimiliki perangkat desa masih monoton. Dalam proses pengarahan juga masih kurangnya kualitas sumber daya manusia sehingga menghambat proses penugasan.

References

Aprizal, (2018). Orientasi Pasar dan Keunggulan bersaing Studi Kasus Penjualan Komputer. Makasar: Celebes Media Perkasa
Darmanto. 2015. “Bauran Orientasi Strategi dan Kinerja Organisasi Penerapan Pariabel Anteseden, Moderasi dan Mediasi Dalam Penulisan Ilmiah”. Yogyakarta : Deepulish
Hamali, A. Y. (2018). Pemahaman Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: PT. Buku Seru.
Hasibuan, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kaehler, B., & Grundei, J. (2019). HR Governance : A Theoritical Introduction. Springer Briefs In Business.
Moleong Lexy J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nurhaidah, E., & Permata, W. I. (2023). Pengembangan Sumber Daya Manusia di Dalam Meningkatkan Etos Kerja Perangkat Desa Karang Sari, Lampung. Reslaj Journal.
Poltak, L., & Sinambela. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Prasadja, R. (2018). Human Capital Management. Bogor: In Media.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV
Sukarjati, E. (2016). Pengaruh Kepemimpinan, pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kta Semarang. Journal Of Management.
Sumarwan, Ujang, et al. (2010). Pemasaran Strategik (perspektif Value-Based Marketing & Pengukuran Kinerja). Bogor: IPB Press
Published
2024-01-20
Section
Artikel Penelitian