Penyuluhan Pendidikan guna Mengurangi Angka Pernikahan Dini pada Forum Anak

Educational Outreach to Reduce Early Marriage Rates at Children's Forum

  • Mia Awaliyah Fakultas Teknik, Universitas Bumigora, Indonesia
  • Reny Refitaningsih Peby Ria Fakultas Teknik, Universitas Bumigora, Indonesia
  • Heri Sopian Hadi Fakultas Teknik, Universitas Bumigora, Indonesia
  • Mohamad Yudisa Putrajip Fakultas Seni dan Desain, Universitas Bumigora, Indonesia
Keywords: Pendidikan, Pernikahan Dini, Forum Anak

Abstract

Penelitian pengabdian ini bertujuan untuk mengedukasi pentingnya pendidikan bagi anak-anak di Desa Mumbul Sari, Kabupaten Lombok Utara dikarenakan kurangnya kesadaran anak-anak dan orang tua mengenai pentingnya pendidikan ke jenjang perguruan tinggi yang membuat anak-anak memilih untuk menikah di usia dini. Adanya penelitian pengabdian masyarakat untuk  memberdayakan anak-anak di Desa Mumbul Sari dengan pengetahuan dan keterampilan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak-anak dan orang tua di Desa Mumbul Sari, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik Focus Group Discussion (FGD). Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Beberapa permasalahan timbul dari orang tua dan pola pikir anak-anak yang ada di desa Mumbul Sari diantaranya: kurangnya dana untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, Pemikiran setelah menyelesaikan sekolah SMP atau SMA langsung bekerja di desa, dan rasa malas sekolah karena teman seumuran sudah banyak yang menikah. Dari permsalahan tersebut dapat diatasi dengan arahan dan penjelasan yang diberikan oleh penyuluh terkait setiap permasalahan yang timbul dikalangan orang tua dan anak-anak di Desa Mumbul Sari. Penyuluh memiliki harapan tinggi agar tingkat pemerolehan pendidikan anak-anak Desa Mumbul Sari dapat meningkat serta peran orang tua dapat menekankan kepada anak-anaknya agar lebih semangat dan termotivasi untuk melanjutkan Pendidikan hingga ke jenjang perguruan tinggi.

References

Halim, Amar. 2022. “Signifikansi Dan Implementasi Berpikir Kritis Dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar.” Jurnal Indonesia Sosial Teknologi 3(3): 404–18.

Lestari, Eha Anna, and Nuryanti. 2022. “Pentingnya Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Anak.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(5): 3689–94.

Shafira, Ainul, Muctadi, and Nurmaningsih. 2023. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (Hots).” Journal of Comprehensive Science 2(6): 1884–88.

Sibuea, Erikson, Robert Tua Siregar, Sarintan E Damanik, and Mustafa Ginting. 2022. “Pengaruh Kinerja Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pengembangan Sumber Daya Manusia Sekretariat Daerah Kabupaten Toba Samosir.” Jurnal Regional Pianning 4(1): 12–25.

Published
2024-03-13
Section
Artikel Pengabdian