Manajemen Keuangan Sekolah dalam Perencanaan dan Pembukuan Keuangan di SMA NU Palembang

School Financial Management in Financial Planning and Bookkeeping in NU Palembang High School

  • MGS. Nazaruddin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Asep Rohman Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Miki Loren Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
Keywords: Manajemen Keuangan Sekolah, Perencanaan, Pembukuan

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Manajemen keuangan sekolah dalam perencanaan dan pembukuan keuangan di SMA NU Palembang. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggelolaan keuangan sekolah dalam perencanaan keuangan dan pembukuan keuangan yang ada di SMA NU Palembang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakn jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi informan penelitian yaitu Kepala sekolah, kepala tata usaha dan bendahara sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan dalam analisis data rekduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian didasarkan pada tujuh aspek yang ada didalam perencanaan keuangan namun pada salah satu aspek dalam perencanaan keuangan yaitu program, layanan dan aktivitas tidak maksimal yang mengakibatkan terjadinya keterlambatan dalam penerimaan anggaran pada iuran SPP siswa sehingga pada anggaran kegiatan yang ada disekolah terkena dampaknya seperti pada anggaran pemeliharaan sarana prasarana tidak berjalan dengan baik dan pada anggaran bulanan juga tidak maksimal. Dan didalam pembukuan keuangan ini telah dilaksanakan dengan baik namun pada salah satu aspek pembukuan keuangan yaitu RKAS tidak dilakukannya evaluasi berkelanjutan yang mana mengakibatkan tidak terpenuhinya anggaran kegiatan dengan maksimal yang ada disekolah. Dalam penelitian ini, penulis menyimpulkan pada manajemen keuangan sekolah dalam perencanaan keuangan dan pembukuan keuangan di SMA NU Palembang ini cukup baik, namun pada beberapa aspek dalam perencanaan dan pembukuan keuangan harus ditingkatkan lagiĀ  untuk mencapai tujuan yang diinginkan sekolah pada penggelolaan keuangan.

References

Adillah, G. (2016). Manajemen keuangan sekolah. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 10(4).

Akdon, dkk. 2017. Manajemen Pembiayaan Pendidikan. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya).

Alamudy, W. G. (2018). Analisis Pencatatan Akuntansi Pada Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos)(Studi Kasus Di Smk Negeri 1 Lunyuk).

Anton Athoillah. 2010. Dasar-dasar manajemen. (Bandung: Pustaka Setia).

Arwildayanto. Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan. (Gorontalo: Widya).

Siswanto. 2015. Pengantar Manajemen. (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2015).

Edward Sallis. 2010. Manajemen mutu Terpadu, terj. Ahmad Ali Agmadi & Fahrurrozi, IRCisoD.

Hasbullah, 2009. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (edisi revisi). Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Jamaluddin iskandar. 2019. Implementasi sistem manajemen keuangan pendidikan. Jurnal Idaarah, VOL. III, NO. 1.

Jaleluddin Daud,. 2004 Prosedur Perencanaan, Jurnale-USU Repository Universitas Sumatera Utara.

Published
2024-01-30
Section
Artikel Penelitian