SISTEM PENGOLAHAN SAMPAH MEDIS DAN NON MEDIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH POSO

  • Sri Handayani A. Lagimpe AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Miswan Miswan KL-KK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muhammad Jufri AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Rumah sakit dalam melaksanakan kegiatannya, menghasilkan sampah medis dan non medis yang dapat mengganggu kesehatan. Jika tidak di tangani dengan baik akan menimbulkan kerugian bagi masyarakat dan lingkungan. Untuk itu, perlu menganalisis masalah-masalah yang berhubungan dengan pengelolaan sampah medis dan non medis rumah sakit. Tujuan penelitian ini untuk Untuk mengetahui gambaran pengelolaan sampah medis dan non medis di rumah sakit umum poso. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan metode wawancara mendalam (indepth interview) dan jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 12 (dua belas) orang. Pengolahan sampah medis dan non medis  dirumah sakit umum daerah poso terlihat berupa pemilahan tidak sesuai, pewadahan tidak sesuai, pengangkutan tidak sesuai, tempat penampungan sementara (TPS) tidak sesuai dan tempat pembuangan akhir (TPA) tidak sesuai. Sebagai bahan masukan bagi pimpinan Rumah Sakit untuk di lakukan perbaikan dan pegawasan mulai dari pemilahan sampai dengan pemusnahan sampah medis dan non medis sehingga dapat menjadikan rumah sakit sesuai dengan permenkes no 1204/MENKES/X/2004.

Author Biographies

Sri Handayani A. Lagimpe, AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Mahasiswa
Miswan Miswan, KL-KK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen
Muhammad Jufri, AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen

References

Astuti, Agustina. 2014. Kajian Pengelolaan Limbah Di Rumah Sakit Umum Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Volume II No 1 Januari 2014 Ilmu Kesehatan Masyarakat Fak. Kedokteran Universitas Udayana

Aulia. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengelolaan sampahMedis di Badan Layanan Umum daerah RSUD dr. Zanoel Abidin Banda Aceh. Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat U’budiyah Banda Aceh. Diponegoro Semarang Jurnal Vol. 11 No 2 Tahun 2011.

Departemen Kesehatan RI. 2004. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit No. 1204 /MENKES /SK/ X/ 2004. Jakarta

Ikbal, Moh., dkk. 2014. EvaluasiPengelolaanSampah RSU Sumenep. Program Studi Teknik Lingkungan. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan

Rafiuddin, R., Basri, M., & Azis, M. (2017). URGENSI PENGGUNAAN MEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR WILAYAH II KECAMATAN SANROBONE KABUPATEN TAKALAR PROVINSI SULAWESI SELATAN. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 147–157).

Rafiudin. (2012). SISTEM ADMINISTRASI PENGELOLAAN HUTAN (STUDI KASUS) PADA KANTOR DINAS KEHUTANAN KABUPATEN MOROWALI SULAWESI TENGAH. Jurnal Sains Dan Teknologi, 13(1), 37–49.

Rafiudin, & Alam, A. S. (2016). STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM HKM DI DESA TRANS SAUSU KECAMATAN SAUSU KABUPATEN PARIGI MOUTONG SULAWESI TENGAH. In Seminar Internasional Fakultas Kehutanan Universitas Tadulako Palu (Vol. 1, p. 59).

Yahar. 2011. Studi Tentang Pengelolaan Limbah Medis di Rumah Sakit Umum Daerah Kab. Barru. Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Published
2018-10-15
Section
Fakultas Kesehatan Masyarakat