Pkm Pentingnya Kebugaran bagi Masyarakat Desa

Pkm the Importance of Fitness for Rural Communities

  • Sulaeman Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Rahman Universitas Negeri Makassar
  • Rahmad Risan Universitas Negeri Makassar
  • Arfandi Akkase Universitas Negeri Makassar
  • Nur Fadly Alamsyah Universitas Negeri Makassar
Keywords: Kebugaran, Masyarakat Desa, Aktivitas Fisik

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman serta pengetahuan bagi masyarakat pedesaan tentang pentingnya hidup bugar. Mitra dalam kegiatan pengabdian ini adalah masyarakat Desa Saotanre Kecamatan Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai. Kami memilih masyakarat Desa Saotanre berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan adik-adik mahasiswa KKN tematik yang sedang menjalankan program di desa tersebut. Hasil observasi menunjukkan bahwa rata-rata pekerjaan dari masyarakat Desa Saotanre adalah bertani dan juga berkebun. Namun, aktivitas fisik pendukung kegiatan keseharian masyarakat hampir tidak ada di desa tersebut. Materi yang kami berikan pada kegiatan pengbadian ini adalah: Mengenal lebih jauh tentang aktivitas fisik, jenis-jenis aktivitas fisik, pengetahuan tentang nutrisi, pengetahuan tentang recovery, gerakan-gerakan fondational movement. Secara keseluruhan kegiatan ini berjalan sesuai dengan hasil yang diharapkan. Para masyarakat dapat lebih paham akan pentingnya memiliki tubuh yang bugar bukan hanya sehat, masyarakat juga terlihat antusias bertanya tentang pentingnya kebugaran serta bersemangat ketika diberikan beberapa contoh gerakan fondational movement  yang dapat dilakukan sehari-hari dirumah.an berupa pendekatan studi literatur dengan kriteria artikel yang digunakan merupakan artikel penelitian nasional yang terbit dalam lima tahun terakhir melalui database Google Scholar. Istilah yang digunakan dalam pencarian literature terkait adalah tekanan darah, daun kelor (moringa oleifera), dan hipertensi. Berdasarkan literature review , daun kelor (Moringa Oleifera) merupakan salah satu obat herbal Indonesia untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi dan dapat diolah menjadi berbagai bentuk olahan seperti rebusan, kapsul, dan teh tergantung tujuannya, akan tetapi harus sesuai dengan dosis tertentu.

References

Fajar, Ismail. 2021. “Kesenjangan Digital Tingkat Ketiga Pada Pemuda Pedesaan Di Kabupaten Cianjur, Indonesia Third Level Digital Divide among Rural Young People in Cianjur Regency Indonesia.” Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika 44: 44–54. http://doi.org/10.31504/komunika.v9i1.4260.

Febrianti, Rima, and Arif Rohman Hakim. 2022. “Kualitas Kebugaran Jasmani Masyarakat Desa Petanahan, Kebumen Usia 16-19 Tahun Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah Penjas 8(2): 72–83. http://journal.upgris.ac.id/index.php/jendelaolahraga/article/view/9496.

Kresnapati, Pandu, Agus Wiyanto, Ibnu Fatkhu Royana, and Danang Aji Setyawan. 2022. “PKM Pola Hidup Sehat Melalui Aktivitas Olahraga Bulutangkis Warga Desa Warulor Kabupaten Pekalongan.” Jurnal Pengabdian Olahraga di Masyarakat 3(2): 50–53.

Nadiyah, Nadiyah, Laras Sitoayu, and Lintang Puwara Dewanti. 2022. “Remaja Putri Pedesaan Di Indonesia Berisiko Anemia Dua Kali Lebih Tinggi.” Gizi Indonesia 45(1): 35–46.

Siti. 2023. “Pengertian Desa: Kerja Sama, Fungsi, Dan Ciri-Ciri Masyarakat Desa.” Gramedia.com. https://www.gramedia.com/literasi/desa/ (March 7, 2024).

Subekti, Nuriska, Juhrodin, Agus Mulyadi, and Dwi Yulia Nur Mulyadi. 2023. “Pemberian Olahraga Masyarakat Senam Aerobik Dalam Upaya Peningkatan Kesegaran Jasmani Serta Kesehatan.” 4(1).

Published
2024-04-22
Section
Artikel Pengabdian