Pengetahuan dan Sikap Ibu Berpengaruh Terhadap Status Gizi Balita

The Knowledge and Attitude of Mothers Affect the Nutritional Status of Toddlers

  • Dina P Singkali Prodi D3 Keperawatan, Universitas Tadulako
  • Supirno Prodi Pendidikan Profesi Ners, Poltekkes Palu
  • Windu Unggun Cahya Jalu Putra Prodi D3 Keperawatan, Universitas Tadulako
  • Andi Mariani Prodi D3 Keperawatan, Universitas Tadulako
  • Asmiwarti Abdullah Prodi D3 Keperawatan, Universitas Tadulako
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Status Gizi Balita

Abstract

Latar belakang: Pengetahuan, dan sikap adalah unsur perilaku yang bersifat tertutup dan terbuka. Pengetahuan dan sikap hubungannya sangat erat dengan status gizi, Masalah status gizi sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dari seorang anak yang akan tumbuh dan berkembang. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya hubungan pengetahuan dan sikap ibu dengan status gizi pada balita

Metode: jenis penelitian survey analitik dengan rancangan Cross Sectional. Waktu penelitian pada bulan  Agustus 2023. Tempat penelitian di wilaya kerja Puskesmas Mamboro. Populasi penelitian ini adalah ibu ibu yang memeliki balita, Sampel penelitian ini adalah 30 ibu yang mempunya balita, diambil secara simpel ramdom sampling. Data diperoleh meggunakan kuisioner dan dianalisa dengan analisa univariat dan bivariat menggunakan programm komputer.

Hasil: dengan uji Chi Square, pengetahuan ibu dengan status gizi balita dengan nilai P value 0,26  artinya ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan ibu dengan status gizi balita. Pada variabel sikap p value 0,033 berarti secara statistik terdapat hubungan yang bermakna antara sikap ibu dengan status gizi.

Kesimpulan: ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan sikap ibu dengan status gizi pada balita. Saran kepada petugas kesehatan untuk terus meningkatkan pengetahuan ibu yang mempunyai balita di  di wilaya kerja puskesmas.

References

Ariska br tarigan, rindi. 2020. “gambaran pengetahuan dan sikap ibu tentang gizi seimbang dan kejadian stunting pada balita di desa bengkurung kecamatan sibolangit.”

Cahyani, ni putu setya puri. 2023. “hubungan aktivitas sedentari dan tingkat konsumsi zat gizi makro dengan status gizi anak sekolah pada pasca pandemi covid-19 di smp negeri 5 mengwi.” Poltekkes Kemenkes Denpasar Jurusan Gizi 2023.

Dinkes Prov.Suteng. 2019. “Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah.” Profi Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah: 1–222.

Jasmawati, R S. 2020. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Status Gizi Balita: Systematic Review.” Mahakam Midwifery Journal 15(402): 87–92.

Kemenkes. 2019. 53 Buletin Stunting Indonesia.

Lestari, Weny, Lusi Kristiana, and Astridya Paramita. 2018. “Stunting: Studi Konstruksi Sosial Masyarakat Perdesaan Dan Perkotaan Terkait Gizi Dan Pola Pengasuhan Balita Di Kabupaten Jember.” Jurnal Aspirasi 9(1): 17–33.

Mubasyiroh, Laelatul, and Ziyadatul Chusna Aya. 2018. “Hubungan Perilaku Ibu Dalam Pemenuhan Gizi Pada Anak 1000 Hari Pertama Kehidupan/Golden Period Dengan Status Gizi Balita Di Desa Sitanggal Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes Tahun 2018.” Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal 9(1): 18–27.

Mustafyani, Aulidina Dwi, and Trias Mahmudiono. 2017. “Hubungan Pengetahuan, Sikap, Dukungan Suami, Kontrol Perilaku, Dan Niat Ibu Dengan Perilaku Kadarzi Ibu Balita Gizi Kurang.” The Indonesian Journal of Public Health 12(2): 190–201.

Permatasari, Elok, and Devi Arine Kusumawardani. 2022. “Hubungan Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Ibu Dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak Terhadap Status Gizi Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19.” The Indonesian Journal of Health Science 14(2): 110–19.

Pradina, Hafika Yunisari et al. 2022. “Pengetahuan Dan Sikap Terkait Program Perbaikan Gizi Balita: Analisis Pada Ibu Dan Stakeholder Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Induk Merdeka.” Ilmu Gizi Indonesia 5(2): 101–14.

Putri, Ronasari Mahaji, Wahidyanti Rahayu, and Neni Maemunah. 2017. “Kaitan Pendidikan, Pekerjaan Orang Tua Dengan Status Gizi Anak Pra Sekolah.” Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan 5(2): 231–45.

Rahayu, Seni, Henni Djuhaeni, Gaga Irawan Nugraha, and Gurid Eko Mulyo. 2019. “Hubungan Pengetahuan, Sikap, Perilaku Dan Karakteristik Ibu Tentang ASI Eksklusif Terhadap Status Gizi Bayi.” AcTion: Aceh Nutrition Journal 4(1): 28–35.

Rajindra, rajindra, guasmin guasmin, burhanuddin burhanuddin, and rasmi nur anggraeni. 2021. “costs and operational revenue, loan to deposit ratio against return on assets: a case study in indonesia.” The journal of asian finance, economics and business 8(5): 109–15.

Wahyuningsih, sri, sartika lukman, rahmawati rahmawati, and rahmat pannyiwi. 2020. “pendidikan, pendapatan dan pengasuhan keluarga dengan status gizi balita.” Jurnal keperawatan profesional (kepo) 1(1): 1–11.

Walimah, e l y. “pemanfaatan program gizi di posyandu dan faktor-faktor yang mempengaruhi status gizi ibu menyusui dan bayinya.”

Wulandari, Rizqita Catur, and Lailatul Muniroh. 2020. “Hubungan Tingkat Kecukupan Gizi, Tingkat Pengetahuan Ibu, Dan Tinggi Badan Orangtua Dengan Stunting Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Tambak Wedi Surabaya.” Amerta Nutrition 4(2): 95–102.

Zogara, Asweros Umbu, Meirina Sulastri Loaloka, and Maria Goreti Pantaleon. 2021. “Faktor Ibu Dan Waktu Pemberian MPASI Berhubungan Dengan Status Gizi Balita Di Kabupaten Kupang.” Journal of Nutrition College 10(1): 55–61.

Published
2023-11-15
Section
Artikel Penelitian