Menutup Kesenjangan Digital: Studi tentang Meningkatkan Kehidupan UMKM Melalui Literasi Digital

Closing the Digital Divide: A Study on Improving Lives MSMEs Through Digital Literacy

  • John Fedrick Louis Saragih Universitas Negeri Medan
  • Ageng Jihan Faradilla Universitas Negeri Medan
  • Rizqi Alhaq Nasution Universitas Negeri Medan
  • Dwi Fatmi Adelina Tafonao Universitas Negeri Medan
  • Dora Pitaloka Universitas Negeri Medan
  • Bella Amelia Universitas Negeri Medan
  • Munawaroh Universitas Negeri Medan
  • Diana Dongoran Universitas Negeri Medan
Keywords: Kesenjangan Digital, Literasi Digital, UMKM

Abstract

Penelitian ini membahas pentingnya literasi digital dalam meningkatkan kehidupan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan tujuan menutup kesenjangan digital. Literasi digital telah menjadi kunci dalam memperluas akses UMKM terhadap peluang dan meningkatkan daya saing mereka dalam ekonomi yang semakin terdigitalisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review. Metode penelitian literature review adalah suatu pendekatan yang memeriksa, meninjau, dan mensintesis literatur yang relevan dan terkait dengan topik penelitian yang sedang dibahas. Prosedur ini melibatkan pencarian, seleksi, evaluasi, dan analisis berbagai sumber literatur seperti jurnal ilmiah, buku, artikel, dan publikasi lainnya yang relevan dengan topik penelitian Temuan menyoroti pentingnya pengembangan keterampilan dan pengetahuan digital bagi UMKM, serta perlunya upaya untuk mengurangi kesenjangan gender dalam literasi digital. Dalam konteks jangka pendek, literasi digital memainkan peran krusial dalam meningkatkan efisiensi operasional dan pemasaran UMKM, sementara dalam jangka panjang, literasi digital menjadi faktor penting dalam memungkinkan adaptasi dan inovasi untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa investasi dalam literasi digital bukan hanya mendukung kemajuan UMKM secara individu, tetapi juga memberikan dampak positif pada perekonomian secara keseluruhan dengan mengurangi kesenjangan digital dan mempercepat inklusi digital di semua tingkatan masyarakat.

References

Fauzi, F., Antoni, D., & Suwarni, E. (2020). Women entrepreneurship in the developing country: The effects of financial and digital literacy on SMEs’ growth. Journal of Governance and Regulation, 9(4), 106–115. https://doi.org/10.22495/JGRV9I4ART9

Keterangan Pers Kominfo tentang Capaian Gernas Dikuntara, Desember 2023 (https://www.kominfo.go.id/content/detail/38247/siaran-pers-no-241hmkominfo122023/0/siaran_pers)

Laporan "Landscape of Digital Transformation among MSMEs in Indonesia", Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Februari 2023 (https://www.bekraf.go.id/downloadable/pdf/penelitian/20230215_Laporan%20Landscape%20UMKM%20Digital.pdf)

Laporan Studi "Dampak Adopsi Digital pada UMKM di Indonesia", Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Oktober 2023 (https://www.apjii.or.id/survei/2023/Laporan_Dampak_Adopsi_Digital_UMKM.pdf)

Naidu, S., & Chand, A. (2021). Enhancing digital literacy among MSME entrepreneurs in developing countries: A review of the literature. Journal of Small Business and Entrepreneurship Development, 9(2), 1-15.

Neumeyer, X., Santos, S. C., & Morris, M. H. (2021). Overcoming barriers to technology adoption when fostering entrepreneurship among the poor: The role of technology and digital literacy. IEEE Transactions on Engineering Management, 68(6), 1605–1618. https://doi.org/10.1109/TEM.2020.2989740

Patria, H., Alam, M. A. F., Mulyadi, A., & Setyarko, A. (2023). CAKRAWALA – Repositori IMWI | Volume 6 , Nomor 1 , Februari 2023. CAKRAWALA, 6(1).

Priyono, A., Moin, A., & Putri, V. N. A. O. (2020). Identifying digital transformation paths in the business model of smes during the covid-19 pandemic. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 6(4), 1–22. https://doi.org/10.3390/joitmc6040104

Reddy, P., Chaudhary, K., & Hussein, S. (2023). A digital literacy model to narrow the digital literacy skills gap. Heliyon, 9(4), e14878. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e14878

Siaran Pers Kominfo "Indeks Literasi Digital UMKM Meningkat pada 2023", Maret 2023 (https://www.kominfo.go.id/content/detail/35791/siaran-pers-no-56hmkominfo032023/0/siaran_pers)

Siaran Pers Kementerian Koperasi dan UKM tentang Program Bantuan Digitalisasi UMKM, Mei 2023 (http://www.depkop.go.id/berita-informasi/siaran-pers/bantuan-digitalisasi-umkm-2023)

Sunuantari, M., Zarkasi, I. R., Gunawan, I., & Farhan, R. M. (2021). R-TIK Digital Literacy towards Indonesian MSMEs (UMKM) Digital Energy of Asia. Komunikator, 13(2), 175–187. https://doi.org/10.18196/jkm.12380

Suryani, U., Arief, M., Bramantoro, S., & Hamsal, M. (2022). (2022). With O2O Business Adoption on the Performance of Small. INTERNATIONAL JOURNAL OF EBUSINESS AND EGOVERNMENT STUDIES, 0744, 199–223. https://doi.org/10.34109/ijebeg.

Susilawati, S., Sadikin, A., & Saripah, I. (2022). Development Of Ulen Gulung Entrepreneurship Based On Local Wisdom Through Strengthening Digital Literacy At Bina Cipta Community Learning Center Ujungberung Bandung City. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 10(2), 175. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v10i1.112918

Wiratno, A., Untari, D., & Subanar, C. (2020). Strategi Peningkatan Literasi Digital UMKM dalam Menghadapi Persaingan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 23(2), 189-206.

Published
2024-05-16
Section
Artikel Review