HUBUNGAN POLA ASUH DAN PENGETAHUAN IBU DENGAN STATUS GIZI BALITA DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA PALU

  • Ni Luh Lina Yanti Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Abdul Hakim Laenggeng Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Eka Prasetia Hati Baculu Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Gizi merupakan salah satu masalah utama dalam tatanan kependudukan dunia. Jumlah penderita kurang gizi di dunia mencapai 104 juta anak dan keadaan kurang gizi merupakan penyebab kematian anak sebesar sepertiga dari seluruh kematian di dunia. Berdasarkan hasil penelitian seksi gizi Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2016 menunjukkan bahwa tidak kurang dari 10,25% balita kurang gizi (BB/U <-2 SD media baku WHO- NCHS) dan 5,54% balita gizi buruk (BB/U<-3SD media baku WHO-NCHS). Prevalensi ini lebih tinggi dari angka nasional yang tercantum pada SKRT 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh dan pengetahuan ibu terhadap status gizi balita di Rumah Sakit Bhayangkara Palu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional dengan teknik pengambilan sampel yaitu asidental sampling. Jumlah sampel yaitu 96 responden yang ditentukan dengan menggunakan rumus Estimasi Proporsi. Hasil penelitian menjukan bahwa ada hubungan antara pola asuh dengan status gizi balita di Rumah Sakit Bhayangkara Palu hal ini dibuktikan dengan uji chi-square dengan hasil nilai P=0,000 (P<0,05) dan ada hubungan antara pengetahuan ibu dengan status gizi balita di Rumah Sakit Bhayangkara palu hal ini dibuktikan dengan uji chi-square dengan hasil nilai P=0,02 (P<0,05). Di harapkan petugas kesehatan khususnya penanggung jawab program gizi agar lebih baik lagi dalam melaksanakan program-program kerja yang berorientasi pada peningkatan status kesehatan masyarakat khusunya dibidang gizi.

Author Biographies

Ni Luh Lina Yanti, Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Mahasiswa
Abdul Hakim Laenggeng, Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen
Eka Prasetia Hati Baculu, Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen

References

Aby Riestanti dkk. 2016. Hubungan Pengetahuan Ibu dan Pola Konsumsi dengan Status Gizi Balita. Jurnal Pendidikan Teknik Boga Vol. 5 No. 2.

Bappenas. 2012. Petunjuk Teknis Petugas Palpasi Survey Pemetaan. Jakarta.

Dinas Kesehatan Kota Palu. 2016. Profil Kesehatan Propinsi Sulawesi Tengah. Palu.

Dinas Kesehatan Propinsi Sul-Teng. 2012. Profil Kesehatan Propinsi Sulawesi Tengah. Palu.

Herman, H., Yulfiana, Y., Rahman, N., & Yani, A. 2018. Perilaku Ibu Menyusui dalam Keberhasilan Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Tawaeli Kota Palu. MPPKI (Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia): The Indonesian Journal of Health Promotion, 1(3), 112-117.

Proboningrum, dkk. 2016. Pola Asuh, Stimulasi Psikososial dan Status Gizi Balita. Jurnal Nutrisia Vol. 18 No. 1.

Putra, Rahdian Padma Kusuma. 2015. Hubungan Pola Asuh dan Pengetahuan Ibu dengan Kesehatan Anak Balita. Jurnal Kesehatan Masyarakat Vol. 6 No. 2.

Rahmawati. 2013. Pengetahuan terhadap Status Gizi. Jakarta.

Soetjiningsih. 2012. Tumbuh Kembang Anak . Penerbit Buku Kedokteran EGC.Jakarta.

Published
2018-10-15
Section
Fakultas Kesehatan Masyarakat