Analisis Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa pada Desa Labuan Toposo Kecamatan Labuan Kabupaten Donggala

Analysis of Village Financial Management Accountability in Labuan Toposo Village, Labuan District, Donggala Regency

  • Muh. Faizurrahman Algifari Program Studi Akuntansi, Universitas Abdul Azis Lamadjido, Palu, Indonesia
  • Andini Nurhajra Program Studi Akuntansi, Universitas Abdul Azis Lamadjido, Palu, Indonesia
  • Dini Rosyada Program Studi Akuntansi, Universitas Abdul Azis Lamadjido, Palu, Indonesia
Keywords: Akuntabilitas, Pengelolaan, Keuangan Desa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan keuangan desa di Desa Labuan Toposo telah dilaksanakan sesuai dengan PERMENDAGRI Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa dan Peraturan Bupati Donggala Nomor 1 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Tehnik analisis data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan di Desa Labuan Toposo mengenai akuntabilitas pengelolaan keuangan desa di Desa Labuan Toposo. Pada tahap perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan pertanggungjawaban telah dilaksanakan sesuai dengan PERMENDAGRI Nomor 20 Tahun 2018 tetapi pada tahap penatausahaan bahwa pemerintah desa Labuan Toposo belum menjalankan sesuai dengan PERMENDAGRI Nomor 20 Tahun 2018.

References

AMBARWATI, SINDY. “AKUNTABILITAS PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA DI DESA BANTIMURUNG KECAMATAN TONDONG TALLASA KABUPATEN PANGKEP.”
Fikrian, Hafzan, Amir Hasan, and A Al Azhar. 2017. “Pengaruh Kualitas Laporan Keuangan, Penyajian Laporan Keuangan Dan Aksesibilitas Laporan Keuangan Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah (Studi Empiris Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Pekanbaru).”
Hehanussa, Salomi J. 2015. “Pengaruh Penyajian Laporan Keuangan Daerah Dan Aksesibilitas Laporan Keuangan Daerah Terhadap Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah Kota Ambon.” In Conference In Business, Accounting, And Management (CBAM), , 82–90.
Mamuaya, Jeacklin Valenia, Harijanto Sabijono, and Hendrik Gamaliel. 2017. “Analisis Pengelolaan Keuangan Desa Berdasarkan Permendagri No. 113 Tahun 2014 (Studi Kasus Di Desa Adow Kecamatan Pinolosian Tengah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan).” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 5(2).
Novitasari, Yeni Elvira, Ana Sopanah, and Dwi Anggarani. 2022. “Analisis Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa.” In Conference on Economic and Business Innovation (CEBI), , 1598–1609.
Risnawati, Dewi. 2017. “Pengelolaan Aset Desa Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Di Desa Krayan Bahagia Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser.” Volume 5: 199–212.
Sangki, Adianto Asdi, Ronny Gosal, and Josef Kairupan. 2017. “Penerapan Prinsip Transparansi Dan Akuntabilitas Dalam Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (Suatu Studi Di Desa Tandu Kecamatan Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow).” Jurnal Eksekutif 1(1).
Supadmi, N L, and D G Dharma Suputra. 2018. “Pengaruh Kapasitas Sumber Daya Manusia, Kejelasan Sasaran Anggaran Dan Sistem Pelaporan Keuangan Pada Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Di Kota Denpasar.” Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata 13(2).
Published
2023-07-26
Section
Artikel Penelitian