Analisis Produksi dan Pendapatan Usahatani Jagung Hibrida di Desa Sidondo I Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi

Analysis of Production and Income of Hybrid Corn Farming in Sidondo I Village, Sigi Biromaru District, Sigi Regency

  • Azwar Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palu
  • Patta Dua Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Pendapatan, Kelayakan, Usahatani Jagung

Abstract

Upaya peningkatan pendapatan petani dari suatu usahatani, secara umum sangat tergantung pada besarnya jumlah biaya produksi. Terutama untuk persediaan lahan, benih, pupuk dan tenaga kerja, yang kesemuanya sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya penerimaan maupun pendapatan yang di peroleh petani/responden dari hasil usahataninya. Berdasarkan uraian yang dikemukakan pada latar belakang diatas maka permasalahannya adalah berapa produksi dan pendapatan serta kelayakan usahatani jagung hibrida di desa Sidondo Satu Kecamatan Sigi Biromaru Tujuan Penelitian: Mengetahui Produksi dan pendapatan Usahatani jagung Hibrida di Desa Sidondo Satu Kecamatan Sigi Biromaru, Mengetahui kelayakan usahatani jagung hibrida di Desa Sidondo Satu Kecamatan Sigi Biromaru Hasil penelitian menunjukkan bahwa Besarnya rata-rata biaya pada usaahatani Jagung di Desa Sidondo Satu Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi sebesar Rp 4,482,814 atau Rp 5,212,574,- per hektar dalam satu kali musim tanam. Sedangkan penerimaannya adalah sebesar Rp 20,538,000 atau Rp 23,881,395,- per hektar dalam satu kali  musim tanam,  sehingga pendapatan petani jagung hibrida dengan harga Rp 4,500/kg adalah Rp 16,055,186 atau Rp 18,668,821/ha. Besarnya rata-rata R/C pada usahatani jagung di Desa Sidondo Satu Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi adalah sebesar 4.6 Setiap pengeluaran biaya sebesar Rp 1,00 maka petani jagung akan mendapat penerimaan sebesar Rp 460 sehingga petani jagung memperoleh keuntungan sebesar Rp 360. Dengan demikian usahatani jagung di Desa Sidondo Satu Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi layak untuk diusahakan.

References

Azahari, Delima Hasri. 2008. “Membangun Kemandirian Pangan Dalam Rangka Meningkatkan Ketahanan Nasional.” Analisis Kebijakan Pertanian 6(2): 174–95.
Kesumawati, Arfina Endah, Inge Lengga Sari Munthe, and Asri Eka Ratih. 2021. “ANALISIS KELAYAKAN USAHA MENGGUNAKAN METODE REVENUE COST RATIO DAN PAYBACK PERIOD TERHADAP PENANGKAPAN IKAN TERI DENGAN ALAT TANGKAP KELONG BILIS CACAK DI DESA BENAN KECAMATAN KATANG BIDARE KABUPATEN LINGGA.” Student Online Journal (SOJ) UMRAH-Ekonomi 2(1): 29–35.
Nabilla, Amanda Rizka, Rahmanta Ginting, and Sinar Indra Kesuma. 2009. “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI DAN PENDAPATAN PETANI JAGUNG (Studi Kasus: Desa Lau Bekeri, Kecamatan Kuta Limbaru, Kabupaten Deli Serdang).” Journal of Agriculture and Agribusiness Socioeconomics 3(5): 15226.
Rangkuti, Khairunnisa, Sasmita Siregar, Muhammad Thamrin, and Rui Andriano. 2014. “Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Pendapatan Petani Jagung.” AGRIUM: Jurnal Ilmu Pertanian 19(1).
Published
2023-07-11
Section
Artikel Penelitian