Hubungan Sosial Ekonomi dengan Tingkat Pendidikan pada Masyarakat Pesisir di Desa Pematang Lalang, Kecamatan Percut Sei Tuan

Socio-Economic Relations with Education Levels in Coastal Communities in Pematang Lalang Village, Percut Sei Tuan District

  • Aina Fitrah Aulia Ritonga Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Ananda Nurmairani Laoli Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Elva Hariyani Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Firstika Nabilla Balqis Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Intan Kusumawati Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Jesi Wanda Harahap Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Latifah Mutiah Nurhidayah Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Muthia Afrah Goslan Siregar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Rahmah Fadlilatu Syahadah Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Delfriana Ayu Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
Keywords: Nelayan, Pendidikan, Pesisir, Sosial Ekonomi

Abstract

Pendidikan merupakan suatu indikator yang bisa mempengaruhi adanya pertumbuhan ekonomi yang bisa meningkatkan pendapatan di dalam masyarakat, sehingga pendidikan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, begitupun sebaliknya pertumbuhan ekonomi dapat memperlancar pendidikan di dalam suatu daerah maupun perdesaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif karena hasil penelitian ini di dapatkan dari narasumber dengan melakukan tanya jawab. Adapun desain penelitian yang ditemukan dengan mengumpulkan data yang ada kaitannya dengan variabel yang akan diteliti melalui wawancara,observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah warga pesisir di Daerah Pematang Lalang. Sampel merupakan bagian dari populasi yang mempunyai kualitas yang dapat mewakili keseluruhan populasi. Proses pengambilan sampel dilakukan secara tidak acak (nonprobability sampling) dengan teknik purposive sampling, yaitu cara pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Kriteria yang dimaksud dalam penelitian ini adalah warga setempat yang bekerja nelayan sebanyak 30 responden.

References

Arabi, A. (2020). Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Pesisir Perlis Kec. Babalan Kab. Langkat (Doctoral dissertation).

Basrowi dan Siti Juriah. 2010 . Analisis Kondisi Sosial Ekonomi Dan Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan Masyarakat Desa Srigading. Kecamatan Labuhan Maringgai. Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan Vol 7 No. 1 April 2010.

Fatmasari, D. (2016). Analisis Sosial Ekonomi dan Budaya Masyarakat Pesisir Desa Waruduwur, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, 6(1).

Khairunnisa, Y. (2022). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Terhadap Tingkat Pendidikan Anak Pedagang Pasar Sragi Kabupaten Pekalongan. In Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR).

Kistanto, N. H. (2019). SISTEM SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT PESISIR Nelayan dan Bakul Ikan di Kampung Tambak Lorok, Kota Semarang. Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan, 14(1), 67-81.

Lorenzia, T.W. 2003. Pengaruh Pendapatan Petani terhadap Pendidikan Anak (Studi Kasus di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu).

Notoatmodjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Nur, I., & Djaffar, C. (2020). Kesempatan Memperoleh Pendidikan Pada Masyarakat Pesisir Ponjalae, Palopo: Sebuah Analisis Perspektif Gender. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 30(2), 109-122.

Putra, IM, Irawan, F., Alifsyah, M., Effendy, MR, Tanjung, RN, & Patricia, VLT (2022). ANALISIS SOSIAL EKONOMI DAN BUDAYA MASYARAKAT PESISIR KAMPUNG NELAYAN SEBRANG. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam , 15 (1), 15-34.

SITI, S. S. (2020). STUDI KONDISI SOSIAL EKONOMI DAN TINGKAT PENDIDIKAN MASYARAKAT PESISIR KELURAHAN BINTARO KECAMATAN AMPENAN KOTA MATARAM (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Mataram).

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentan sistem pendidikan nasional.

Wahyu, W., Yamin, M., Kiptiah, M., & Putro

Published
2023-07-06
Section
Artikel Penelitian