Strategi Pembelajaran Reading Aloud dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Pinjan Kecamatan Tolitoli Utara

Reading Aloud Learning Strategies in Improving Students' Understanding of Islamic Religious Education Materials at Pinjan Public Elementary School, North Tolitoli District

  • Muhammad Rizal Masdul Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Palu, Indonesia
  • Muhammad Reissyaf Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Palu, Indonesia
  • Kuliawati Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Palu, Indonesia
Keywords: Strategi, Reading Aloud, Meningkatkan Pemahaman Siswa, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi pembelajaran reading aloud dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi pendidikan agama islam di SD Negeri Pinjan Untuk mengetahui implementasi pembelajaran reading aloud dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi pendidikan agama islam di SD Negeri Pinjan Kecamatan Tolitoli Utara. Strategi Pembelajaran Reading Aloud Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa, Untuk mengungkapkan data yang akurat, penulis menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data melalui data primer dan data sekunder. Adapun Prosedur pengumpulan data yakni melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta data yang diperoleh melalui buku-buku referensi Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pembelajaran Reading Aloud Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri  Pinjan Kecamatan Tolitoli Utara. Tahap persiapan berkaitan dengan mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran, Tahapan Penyajian penyampaian materi pelajaran sesuai dengan persiapan yang telah dilakukan. Langkah korelasi adalah langkah menghubungkan materi pelajaran dengan pengalaman siswa atau dengan hal-hal yang lain yang memungkinkan siswa dapat menangkap keterkaitannya dalam struktur pengetahuan yang dimilikinya. Implementasi Pembelajaran Reading Aloud Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa di SDN Pinjan dapat di katakan dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi PAI hal ini terbukti dari nilai siswa sebelum di terapkan strategi reading aloud pada materi PAI di peroleh nilai yang baik dengan kualifikasi kan dengan kategori cukup, Namun setelah di terapkan strategi reading aloud pada materi PAI di peroleh nilai sangat baik yang berarti baik.

References

Asmariani, Asmariani. 2016, “Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Dalam Perspektif Islam.” Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban.
Arikunto, Suharsimi. 2006, Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek.(Jakarta: Rineka Cipta).
Fitrah, Muh. 2015, “Peta Konsep Prinsip Relevansi dalam Arah Pengembangan Kurikulum Matematika: Kajian Perspektif Pengembangan Kurikulum.
Barnawi dan Arifin, Mohammad, 2014, Kinerja Guru Profesional. (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Burhanuddin, 1994, Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara).
Departemen Agam RI, 2017, Al-Qur’an dan tafsirnya, (Jakarta: Lentera Abadi).
Depertemen Agama RI, 2015, Al-Qur’an dan Terjemahan, (Cet II, Jakarta selatan: Depag.
Fakultas Agama Islam Unismuh Palu, 2020, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Edisi X, Palu: FAI Unismuh.
Nurhayati, Anin,M.Pd.i, 2010, Kurikulum Inovasi,(Yogyakarta: Teras).
Oemar, Hamalik, 2013, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya,).

Priansa, Donni Juni, 2014, Manajemen Supervisi & Kepemimpinan Kepala Sekolah, (Bandung: Alfabeta).
Purwanto, Ngalim, 2007, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, (Jakarta: Remaja Rosdakarya).
Published
2023-05-25
Section
Artikel Penelitian