Manajemen Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi MIN 1 Kolaka dan MI Nurul Iman Pomalaa

Madrasa Principal Leadership Management in Improving Education Quality (Study of Min 1 Kolaka and MI Nurul Iman Pomalaa

  • Arfan Djunaid Insitut Agama Islam Al Mawaddah Warahmah, Jl.Pondok Pesantren No.10, Kolaka,Indonesia
  • Muh Iqbal Insitut Agama Islam Al Mawaddah Warahmah, Jl.Pondok Pesantren No.10, Kolaka,Indonesia
  • Abd Haris Nasution Insitut Agama Islam Al Mawaddah Warahmah, Jl.Pondok Pesantren No.10, Kolaka, Indonesia
Keywords: Manajemen, Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis efektifitas manajemen kepemimpinan kepala MIN 1 Kolaka dan kepala MI Nurul Iman Pomalaa. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat serta solusi kepala MIN 1 Kolaka dan MI Nurul Iman Pomalaa dalam peningkatan mutu pendidikan di Kecamatan Pomalaa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Data tersebut diolah dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian, dari dua kepala madrasah yakni Kepala MIN 1 Kolaka dan MI Nurul Iman Pomalaa, di peroleh hasil untuk manajemen kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan, antara lain: Kompetensi Kepribadian. Kepala madarasah senantiasa menjadi contoh dan teladan bagi seluruh warga madrasah. Diantara teladan kepala madrasah yang terlihat dalam keseharian di MIN 1 Kolaka dan MI Nurul Iman Pomalaa: a) Kepala madrasah senantiasa menganjurkan untuk menjadikan akhlak mulia sebagai budaya dan tradisi di madrasah. b) Kepala madrasah menjadi contoh dan teladan dalam akhlak mulia. c) Kepala madrasah memiliki integritas yang kuat sebagai pemimpin. d) Kepala madrasah bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok. e)Kepala madrasah mampu mengendalikan diri dalam menghadapi masalah yang ada. B. Kompetensi Manajerial diperoleh informasi bahwa kepala MIN 1 Kolaka dan Kepala MI Nurul Iman Pomalaa, sangat kompeten dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai kepala madrasah. 3. Kompetensi Kewirausahaan diperoleh gambaran mampu untuk menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan madrasah. 4. Kompetensi Supervisi kepala MIN 1 Kolaka dan MI Nurul Iman Pomalaa: Kepala madrasah merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru. 5. Kompetensi Sosial, Kepala madrasah mampu bekerjasama dengan pihak lain untuk kepentingan madrasah.

References

A. Rivai, Veithzal & Deddy Mulyadi. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2013
Andang. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Konsep, Strategi, dan Inovasi Menuju Sekolah Efektif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014
Doni Juni Priansa.Manajemen Kinerja Sekolah,Bandung: Pustaka Setia, 2020
Depdiknas, Pendidikan dan Pelatihan, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia di Sekolah Dasar. Jakarta: Ditjen PMPTK,2007
Didin Hafidhuddin dan Hendri Tanjung, Manajemen Syariah Dalam Praktek,(Jakarta: Gema Insani, 2003), h.78-79
Direktorat Jendral Pendidikan dasar dan Menengah, Indikator Mutu dalam penjaminan mutu Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017
Euis Karwati. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah. Bandung:Alfabeta, 2016
Fatim Latifha, Pengaruh manajamen kepemimpinan Kepala Sekolah dan budaya sekolah terhadap kinerja guru dalam mewujudkan prestasi belajar siswa SMPN 1 Poncol Tahun ajaran 2019/2020, Tesis,Ponorogo: IAIN Ponorogo, 2020
Hasbullah. Kebijakan Pendidikan dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.
Ismet Basuki. Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017
Inge Kadarsih, dkk., Peran dan Tuga Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar, . Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 2 Tahun 2020, hlm. 194
Jejen musfah. Analisis Kebijakan Pendidikan.Jakarta: Prenadamedia Group, 2016
Kompri. Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah, Pendekatan Teori untuk praktek professional.Jakarta: Kencana, 2017
Kompri. Manajemen Sekolah Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta, 2014
Moleong. Lexi J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000
Nanang Fattah. Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014
Purwanto, M Ngalim, , Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja
Rosdakarya, 2019
Ramayulis.Manajemen &Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2017
Shihab, M.Quraisy. Tafsir al-Misbah. Cet.I; Tangerang: Lentera Hati.2017
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta, 2016
Sugiyono, Metode Penelitian Administratif, Alfabeta, Bandung, 2004
Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan: Jakarta, Bumi Aksara, 2016
Sowiyah. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Media Akedmi, 2016
Sulaeman Saat. Metodologi Penelitian, Panduan Bagi Peneliti Pemula. Sulawesi Selatan:Pustaka Al Maida, 2019
Tri Wiryanti. Efektifitas Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Nadia Pustaka, 2018
Terry, George.R.Principle of Management.( New York;Richard D Irwin, Inc. 1997).
Wahyudi, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Bandung: Alfabeta,2015
Wahyudi,. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung:CV. Alfa Beta, 2009
Wahjosumidjo,Kepemimpinan Kepala Madrasah, Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada, 2011
Yoyon Bahtiar Irianto. Kebijakan Pembaruan Pendidikan.Konsep, Teori, dan Model. Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2012
Zakariah, M. Askari, Vivi Afriani dan M. Zakariah.Metodologi Penelitian Kuantitaif, kualitatif, Action Research, Research and Development (R &D).Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warahmah, 2020.
Published
2023-05-25
Section
Artikel Penelitian