Pengaruh Kepemimpinan Visioner dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada CV. Mitra Cahaya Nauli Pandan

The Influence of Visionary Leadership and Organizational Culture on Employee Job Satisfaction at CV. Nauli Pandan Light Partners

  • Siti Rohana N. Sihombing Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Alwashliyah Sibolga
  • Mansur Tanjung Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Alwashliyah Sibolga
  • H. Zafril Abdi Nasution Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Alwashliyah Sibolga
Keywords: Kepimpinan Visioner, Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kepemimpinan visioner dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan cv. mitra cahaya nauli pandan dengan menarik hipotesis bahwa ada pengaruh kepemimpinan visioner dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan CV. Mitra Cahaya Nauli Pandan. Metode penilitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, yang menguraikan dan memberikan penjelasan tentang hubungan antara variabel X (independent) sebagari variabel bebas yang mempengaruhi dan variabel Y (dependent) sebagai variabel terikat yang dipengaruhi. Hasil penelitian menunjukkan adanya  Pengaruh Kepemimpinan Visioner Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan CV. Mitra Cahaya Nauli Pandan . Tentang kepemimpinan yang berada dalam Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan melibatkan 30 responden pada CV. Mitra Cahaya Nauli Pandan adapun analisis data menggunakan uji hipotesis  data menggunakan uji F dan uji t. Uji F diketahui bahwa F hitung > F tabel pada tingkat keyakinan α = 0,05 yaitu sebesar 523,380 > 3,32. Sedangkan uji t variabel kepemimpinan visioner untuk nilai t hitung > t tabel (1,975 > 1,697) maka  diterima. Hal ini berarti hipotesis 1 yang diajukan dapat diterima karena variabel kepemimpinan visioner berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja di dalam regresi. Untuk variabel budaya organisasi dengan nilai t hitung > t tabel (6,236 > 1,697)  ) maka  diterima. . Hal ini berarti hipotesis 2 yang diajukan dapat diterima karena variabel budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja di dalam regresi.

References

1. Huzain H. Pengelolaan Sumber Daya Manusia. 2021;
2. Sinambela LP. Manajemen Sumber Daya Manusia: Membangun tim kerja yang solid untuk meningkatkan kinerja. Bumi Aksara; 2021.
3. Larasati S. Manajemen Sumber Daya Manusia. Deepublish; 2018.
4. Nawawi H. Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press; 2001.
5. Hariandja MTE. Manajemen sumber daya manusia. Grasindo; 2002.
6. Meithiana I. Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan Tinjauan dari Dimensi Iklim Organisasi, Kreativitas Individu, dan Karakteristik Pekerjaan. Indomedia Pustaka; 2017.
7. Soendari T. Metode Penelitian Deskriptif. Bandung, UPI Stuss, Magdal Herdan, Agnieszka. 2012;17.
8. Nasrum A. Uji normalitas data untuk penelitian. Jayapangus Press Books. 2018;i–117.
9. Sugiyono D. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. 2013;
10. Santoso G. Determinan koefisien respon laba. Parsimonia-Jurnal Ekon dan Bisnis. 2015;2(2):69–85.
11. Kurniawan D. Uji T 2-sampel independen. J Stat. 2008;
Published
2023-01-19
Section
Artikel Penelitian