Strategi Bisnis dan Etos kerja Toko Sembako Madura dalam perspektif ekonomi syriah

Business Strategy and Work Ethic of Madura Grocery Stores from a Sharia economic perspective

  • Nihro Afandi Fakultas Agama Islam, Prodi ekonomi syariah, Universitas Sunan Giri Surabaya
Keywords: Etos Kerja, Toko Sembako, Madura Dalam Perspektif Ekonomi Syriah

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi operasi dan keberlanjutan Toko Sembako Madura, sebuah usaha mikro yang menerapkan prinsip ekonomi syariah di Sidoarjo. Fokus penelitian adalah pada kontribusi toko sembako terhadap perekonomian lokal, preferensi konsumen, dan daya saingnya dengan minimarket modern. Data dikumpulkan dari 145 narasumber melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian menemukan bahwa Toko Sembako Madura berperan penting dalam menyediakan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, menciptakan lapangan kerja, dan menerapkan prinsip keadilan, tanggung jawab sosial, serta transparansi sesuai ekonomi syariah. Analisis SWOT menunjukkan kekuatan utama toko adalah harga murah dan penerapan prinsip syariah, namun menghadapi tantangan dari minimarket modern dan keterbatasan sumber daya. strategi bisnis berbasis syariah dan fokus pada pelayanan pelanggan memungkinkan Toko Sembako Madura bersaing efektif dalam pasar lokal, meskipun ada tantangan dari pemain ritel modern. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan dukungan dan pengembangan sumber daya untuk memastikan keberlanjutan dan pertumbuhan usaha toko sembako di masa depan.

References

Aghatya Sasqia Putri Wiryaatmadja. (2023). Strategi Pengembangan UMKM Warung Madura Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Pengelola Warung Di Kelurahan Cempaka Putih Tangerang Selatan. 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Anam, K., & Fazizah, A. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi Digital Ayo Src, Pembinaan Program Src Dan Keberagaman Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Toko Klontong Di Kabupaten Pasuruan. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(4), 912–922.

Arafat, M., Hidayah, A. N., Azhari, B. S., & Domani, R. (2021). Jual Beli Fasid Menurut Imam Abu Hanifah. Journal of Indonesian Comparative of Syari’ah Law, 4(2), 185–195.

Christina, M. (2018). Pengambilan Keputusan dalam Menetapkan Strategi Persaingan Usaha Laundry di Dukuh Kupang Surabaya dengan Menggunakan Analisa SWOT. Jurnal Penelitian, 1986. https://osf.io/2m36b/download

Ernawati, M. Robby Kaharudin, Zayudi, & Yeni Gustiana. (2023). Analisis Strategi Bersaing Pada Toko Sembako Abdi Di Kecamatan Cambai Kota Prabumulih Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. ADL ISLAMIC ECONOMIC : Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 4(2), 196–206. https://doi.org/10.56644/adl.v4i2.77

Risal, S., Paranoan, D., & Djaja, S. (2017). Analisis Dampak Kebijakan Pertambangan terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat di Kelurahan Makroman. Jurnal Administrative Reform (JAR), 1(3), 516–530. https://doi.org/10.30872/JAR.V1I3.482

Rizqiawan, H., Wijaya, U., Surabaya, P., & Prihantono, D. (2020). Dengan Toko Kelontong Di Kota Surabaya. Jurnal Manejerial Bisnis, 3(3).

Setiawan, D., & Mufarihah, S. (2021). Tawakal dalam Al-Qur’an Serta Implikasinya dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Online Studi Al-Qur An, 17(01), 1–18. https://doi.org/10.21009/jsq.017.1.01

Published
2024-06-07
Section
Artikel Penelitian