Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Di Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdafatar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2011- 2014

Effect of Capital Structure and Profitability on Firm Value in Property and Real Estate Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange for the Period of 2011-2014

  • Gilang Ramadhan Program Studi Manajemen UST Yogyakarta
  • Sri Hermuningsih Program Studi Manajemen UST Yogyakarta
  • Risal Rinofah Program Studi Manajemen UST Yogyakarta
Keywords: Price Book Value, Return on Assets, Debt to Equity Ratio

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh struktur modal dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada sector property dan eral estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusuhaan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang di pilih menggunakan metode purposive sampling. Data diperoleh berdasarkan publikasi Indonesia Stock Exchange. Variablel penelitian adalah struktur modal dan profitabilitas sebagai variabel independen dan nilai perushaan sebagai variabel dependen. Analisis data menggunakan alat uji analisis uji regresi berganda yang didahului dengan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas dan uji autokorelasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa struktur modal tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan profitabilitas mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan. Jadi dengan demikian keduanya memapnyai pengaruh yang berbeda.

References

Agus Sartono. (2010). Manajemen Keuangan Teori Dan Aplikasi (Edisi 4). Bpfe.
Arifin, Z. (2005). Teori Keuangan Dan Pasar Modal. Ekonisia.
Arviansah, Y. (2013). Pengaruh Struktur Modal, Kinerja Keuangan Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan Dan Ukuran Perusahaan Terhadapnilaiperusahaan Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakartaislamicindex. Skripsi.Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Uin Syarif Hidayatullahjakarta.
Brigham, Eugene, F., C., G. L., & Daves, P. R. (1999). Intermediate Financial Management, Sixth Edition. The Dryden Press.
Brigham, & Houston. (2011). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (Ii) (Edisi Ke 1). Salemba Empat.
Copeland, T. E., & Weston, J. F. (1992). Financial Theory And Corporate Policy (5thed Ed.). Addison-Wesley Publishing Company.
Fakhruddin, & Hadianto, S. (2001). Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scored. Elex Media Komputindo.
Indrawati, T., & Suhendro. (2006). Determinasi Capital Structure Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia., Vol. 3 No.
Karolina Kewa, M., & Wiyono, G. (2020). Pengaruh Growth Opportunity, Struktur Modal Dan Kebijakan Dividen Terhadap Keputusan Investasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei). Manajemen Dewantara, 4(2), 123. Https://Doi.Org/10.26460/Md.V4i2.8585
Kasmir. (2013). Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya. Pt Raja Grafindo Persada.
Keown, Martin, Petty, & Scoot, J. (2005). Manajemen Keuangan. Jilid 2. Edisi Kesembilan. Indeks.
Novrita, R. (2013). Pengaruh Profitabilitas Terhadapnilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividensebagai Variabel Intervening Padaperusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.
Prasetia, T. E., Tommy, P., & Saerang, I. S. (2014). Struktur Modal, Ukuran Perusahaan Dan Risiko Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar Di Bei. Ukuran… Jurnal Emba, 8792(2), 879–889.
Setyawan, A., Topowijono, T., & Nuzula, N. (2016). Pengaruh Firm Size, Growth Opportunity, Profitability, Business Risk, Effective Tax Rate, Asset Tangibility, Firm Age Dan Liquidity Terhadap Struktur Modal Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sektor Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bei Tahun 200. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 31(1), 108–117.
Yuniningsih. (2002). Interdependensi Antara Kebijakan Dividend Payout Ratio, Financial Leverage, Dan Investasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listed Di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi., Vol 9 (1).
Published
2022-07-18
Section
Artikel Penelitian