Pengaruh Uang Saku dan Gaya Hidup terhadap Minat Menabung (Studi pada Siswa SMA Bala Keselamatan Kalawara)

The Effect of Pocket Money and Lifestyle on Saving Interests (Study on Kalawara Salvation Army High School Students)

  • Dion Nazaret Assah STIE Panca Bhakti Palu
  • Nurlailah Nurlailah STIE Panca Bhakti Palu
Keywords: Uang Saku, Gaya Hidup, Minat Menabung

Abstract

Latar Belakang: Uang saku pemberian orang tua merupakan pendapatan yang diperoleh oleh pelajar juga dapat mempengaruhi bagaimana pola konsumsi mereka. Biasanya pelajar akan memanfaatkan uang saku untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan sehari-hari.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan mengetahui apakah pengaruh Uang saku, dan Gaya hidup. Terhadap pengaruh secara positif terhadap Minat Menabung siswa SMA Bala Keselamatan Kalawara angkatan 2017, 2018, 2019 secara simultan maupun parsial.

Metode: Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan verifikatif. Jenis data yang digunakan adalah data yang bersifat kualititatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan Kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 65 orang dengan menggunakan teknik Slovin. Adapun metode statistik yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS.

Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa uang saku dan gaya hidup secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung siswa SMA Bala Keselamatan Kalawara angkatan 2017, 2018, 2019. Selanjutnya uang saku secara parsial tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat menabung siswa SMA Bala Keselamatan Kalawara angkatan 2017, 2018, 2019. Kemudian gaya Hidup secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat menabung siswa SMA Bala Keselamatan Kalawara angkatan 2017, 2018, 2019.

Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa uang saku dan gaya hidup secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan, sedangkan uang saku secara persial tidak berpengaruh secara signifikan.

References

1. Hidayah N, Bowo PA. Pengaruh Uang Saku, Locus of Control, Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif. Econ Educ Anal J. 2018;7(3):1025–39.
2. Rezky MA, Syahnur S. KONSUMSI MASYARAKAT URBAN DI KOTA BANDA ACEH. J Ilm Mhs Ekon Pembang. 2017;2(2):285–96.
3. Rahman A. Manajemen Keuangan. 2021;
4. Getol G. Managing Your Strenghts & Weaknesses. Elex Media Komputindo; 2013.
5. Hilal N. PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS) DAN DIVIDEN PER SHARE (DPS) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). J Ilm Ris Manaj. 2019;8(1).
6. Ghozali I. Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. 2006;
7. Aprisal D. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. J Manage. 2017;5(3):815–26.
8. AZMI FD, Kristanto RS. PENGARUH UANG SAKU DAN GAYA HIDUP TERHADAP MINAT MENABUNG (STUDI MAHASISWA YANG BERKULIAH DI AREA TEMBALANG). STIE Bank BPD Jateng; 2021.
9. Wahyudi AYH. Pengaruh Uang Saku dan Gaya Hidup Terhadap Minat Menabung. Manajemen Fak Ekon Univ Sanata Dharma. 2017;
Published
2022-06-11
Section
Artikel Penelitian