Pengaruh Harga, Kepercayaan dan E-Service Quality terhadap Keputusan Konsumen Membeli Barang Online

The Effect of Price, Trust and E-Service Quality on Consumer Decisions to Buy Goods Online

  • Rizkia Hairun Nisa STIE Panca Bhakti Palu
  • Dini Rosyada STIE Panca Bhakti Palu
  • Rudin Rudin STIE Panca Bhakti Palu
Keywords: Pengaruh Harga, Kepercayaan dan E-Service Quality, Keputusan Konsumen

Abstract

Latar Belakang: Perkembangan teknologi informasi yang pesat mempengaruhi dunia bisnis, salah satu fungsi internet yang menjadi fokus penelitian ini adalah kemampuannya dalam melakukan kegiatan pemasaran baik produk dan brand image secara online bagi siapapun yang membutuhkan dan terhubung dengan media internet. Hal inilah yang disebut dengan e-marketing.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang harga, kepercayaan, e-service quality dan keputusan konsumen membeli barang secara online pada masyarakat Desa Lembontonara Kabupaten Morowali Utara.

Metode: Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dan verifikatif. Pengumpulan data menggunakan teknik penelitian melalui kuesioner dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, selain itu penelitian ini juga menggunakan analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji hipotesis yang mencangkup uji simultan (uji F), Uji Persial (uji t) dan Koefesien Determinasi (uji R2).

Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa harga kepercayaan dan e-service quality berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian di desa Lembontonara. Selanjutnya harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di desa Lembontonara sebesar 17,4%. Kemudian kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di desa Lembontonara sebesar 41,7%. Dan E-Service quality berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di desa Lembontonara sebesar 58,4%.

Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa harga kepercayaan dan e-service, keputusan, berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian di desa Lembontonara.

References

1. Utami SS. Pengaruh Teknologi Informasi Dalam Perkembangan Bisnis. J Akunt dan Sist Teknol Inf. 2010;8(1).
2. Sumara AR. Pertumbuhan Digital di Indonesia. kominfo go id. 2016;13.
3. Kotler P, Amstrong G. Principles of Marketing Global. USE Pearson Educ. 2012;6:47–8.
4. Kotler P, Keller KL. A framework for marketing management. Pearson Boston, MA; 2016.
5. Muhammar M. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di PT. Guteninc Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar; 2019.
6. Kurniawan D. Regresi linier. R-Foundation Stat Comput Vienna, Austria. 2008;17.
7. Sukestiyarno YL, Agoestanto A. Batasan prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas pada model regresi linear. Unnes J Math. 2017;6(2):168–77.
8. Ghozali I. Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. 2006;
9. Setiadi NJ. Perilaku konsumen: perspektif kontemporer pada motif, tujuan, dan keinginan konsumen. 2010;
10. Prasetio A. Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Manag Anal J. 2012;1(1).
11. Bailia JFT, Soegoto AS, Loindong SSR. Pengaruh kualitas produk, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada warung-warung makan lamongan di kota Manado. J EMBA J Ris Ekon Manajemen, Bisnis dan Akunt. 2014;2(3).
12. Pontoh MB, Kawet LK, Tumbuan WA. Kualitas layanan, citra perusahaan dan kepercayaan pengaruhnya terhadap kepuasan nasabah bank BRI cabang Manado. J EMBA J Ris Ekon Manajemen, Bisnis dan Akunt. 2014;2(3).
13. Winahyuningsih P. Pengaruh kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada hotel griptha kudus. Sos dan Budaya. 2010;3(2).
14. Tjiptono F. Kelanggengan Entrepreneurship dalam Bentuk Bisnis Keluarga: Apa yang Telah dan Masih Perlu Diungkap. J Entrep dan Entrep. 2013;2(1, 2):1–12.
15. Alma B. Marketing management and service marketing. Bandung Alf. 2013;
16. Basu S. Irawan, Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogjakarta; 2010.
Published
2022-06-11
Section
Artikel Penelitian