Peran Bea Cukai dalam Efektivitas Pelayanan Ekspor Impor (Studi pada KPPBC TMP C Teluk Nibung)

The Role of Customs in the Effectiveness of Export-Import Services (Study on KPPBC TMP C Teluk Nibung)

  • Nurhalija Sitompul Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zuhrinal M. Nawawi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Pelayanan, Ekspor, Impor

Abstract

Kepabean mengambil peran yang besar terkait ekspor impor untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dalam menjalankan tugasnya sebagai institusi untuk mengawasi dan melayani aktivitas didalam perdagangan internasional dengan memberikan pelayanan kepada para pengguna jasa (eksportir-importir). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peranan KPPBC TMP C Teluk Nibung dalam efektivitas pelayanan ekspor impor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui studi pustaka, wawancara dan observasi yang cukup memadai untuk dijadikan dasar pembahasan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan untuk para pengguna jasa yang diberikan oleh KPPBC TMP C Teluk Nibung adalah dengan memberikan fasilitas dan pelayanan yang maksimal untuk para penggunan jasa. Selain dengan datang langsung ke kantor bea cukai, para pengguna jasa juga bisa mendapatkan layanan melalui akses online yang disediakan oleh pihak KPPBC TMP C Teluk Nibung dan juga sosial media yang dikelola langsung oleh pihak bea dan cukai untuk mempromosikan dan mengenalkan kepabeanan kepada para masyarakat umum. Dalam pelayanan yang ditawarkan oleh KPPBC TMP C Teluk Nibung, tentunya terdapat kendala yang dihadapi yang mengganggu kepuasan pengguna jasa. Kendala tersebut biasanya masalah dari teknologi dan jaringan.

References

Reinelda B. Mekanisme Pengawasan terhadap Lalu Lintas Barang Masuk ( Impor ) dan Barang Keluar ( Ekspor ) pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Type Madya Pabean C Mataram. 2018;6(1):11–9.

Astuti IP, Ayuningtyas FJ, Ring J, Utara R, Catur C. Pengaruh ekspor dan impor terhadap pertumbuhan ekonomi di indonesia. 2018;19(April).

Firmansyah A. Pengendalian Internal Pada Siklus Penerimaan Bea Masuk Untuk Kawasan Berikat (Studi Kasus Pada Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Cukai Bekasi). J Perspekt bea dan cukai. 2019;2(2018).

Cahyadi K. Efektivitas Pelayanan Ekspor Impor Pada Kantor Bea Cukai Dalam Upaya Mendukung Peningkatan Perekonomian Daerah ( Studi Pada KKBC Tipe Madya Pabean C Cilacap ). J Saintara. 2020;5(1):33–7.

Darwin A. Perbandingan Kelembagaan Administrasi Pabean: Analisis Hubungan antara Fungsi dan Kinerja. J BPPK. 2018;11(33):123–45.

Ibrahim M, Thawil SM. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. J Ris Manaj dan Bisnis Fak Ekon UNIAT. 2019;4(1):175–82.

Wulandari S, Lubis AS. Analisis Perkembangan Ekspor Impor Barang Ekonomi di Provinsi Sumatera Utara. J Adm Bisnis. 2019;8(1):31–6.

Hodijah S, Angelina GP. Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. 2021;10(01):53–62.

YUSUF H. Peningkatan Peran Bea Cukai Dalam Mendorong Ekspor Komoditas Perikanan: Studi Kasus Di Wilayah Maluku. J BPPK Badan Pendidik dan Pelatih Keuang. 2019;12(1):31–41.

Putri TM, Syamsuddin MA. Efektivitas Penggunaan Customs-Excise Information System And Automation (Ceisa) Manifes Outward. J law, Adm Soc Sci. 2021;1(2):95–111.

Published
2022-04-14
Section
Artikel Penelitian