Strategi Guru dalam Mendesain Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Palu

Teacher's Strategy in Designing Learning in a Pandemic Period Covid-19 at Madrasah Aliyah Muhammadiyah Palu

  • Muh. Rizal Masdul Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palu
  • Abdul Hafid Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Strategi Guru, Mendesain Pembelajaran, Masa Pandemi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang membahas tentang strategi guru dalam mendeseain pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Palu dengan sub masalah bagaimana strategi guru dalam mendesain pembelajaran pada masa Covid-19 di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Palu? dan bagaimana implikasi strategi guru dalam mendesain pembelajaran pada masa Covid-19 di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Palu? Metode penelitian ini adalah metode kualitatif yang digunakan sebagai pendekatan penelitian yang mana berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami. Hasil penelitian ini menunjukan bahwah para guru telah membuat strategi dalam mendesain pembelajaran pada masa pandemi Covid-19,hal tersebut dibuktikan dengan adanya beberapa metode pembelajaran yang digunakan, yaitu: 1. Metode pembelajaran Online, 2. Hybrid Learning, 3. Metode guru keliling. Dari ketiga metode tersebut memiliki implikasi yang positif dan negatif, implikasi positif diantaranya memicu percepatan transformasi pendidikan, munculnya kreativitas, kolaborasi antara orang tua dan guru, serta waktu dan tempat belajar lebih fleksibel, sedangkan implikasi negatif berdampak pada sarana-prasarana dan biaya.

References

1. Khaedir Y. Perspektif Sains Pandemi Covid-19: Pendekatan Aspek Virologi Dan Epidemiologi Klinik. Maarif. 2020;15(1):40–59.
2. Hairunisa N, Amalia H. Penyakit virus corona baru 2019 (COVID-19). J Biomedika Dan Kesehat. 2020;3(2):90–100.
3. Rahajoe S. Upaya Peningkatan Kompetensi Pendidik dalam Pembelajaran Daring dalam Situasi Pandemi Covid-19 Melalui Supervisi Akademik di SMK Negeri 1 Kepanjen Kabupaten Malang. War Pendidikan| e-Journal. 2021;5(10):45–9.
4. Widyastuti A. Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Daring Luring, Bdr. Elex Media Komputindo; 2021.
5. Sidiq U, Choiri M, Mujahidin A. Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. J Chem Inf Model. 2019;53(9):1–228.
6. Danuri PP, Maisaroh S, Prosa P. Metodologi Penelitian Pendidikan. Samudra Biru (Anggota Biru); 2019.
7. Simanjuntak SY, Kismartini K. Respon Pendidikan Dasar Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Jawa Tengah. J Ilm Wahana Pendidik. 2020;6(3):308–16.
8. Prawati S. Penerapan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SDN No 1 Pangalasiang. J Kreat Online. 2016;4(1).
Published
2022-04-05
Section
Artikel Penelitian