Studi Pengetahuan dan Sikap Penjamah Makanan dalam Pengolahan Makanan di Rumah Makan Pogaian Beach Desa Tomini Kecamatan Tomini Kabupaten Parigi Moutong

Study of Knowledge and Attitudes of Food Handlers in Food Processing at the Beach Pogaian Diner, Tomini Village, Tomini District of Parigi Moutong

  • Dela Dela Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Budiman Budiman Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Eka Eka Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Penjamah Makanan, Pengolahan makanan

Abstract

Pengolahan makanan adalah metode atau teknik untuk mengubah bahan mentah menjadi makanan atau bentuk lain yang siap untuk dikonsumsi oleh manusia. mulai dari persiapan pengolahan makanan seperti mempersiapkan peralatan memasak, bahan yang akan dimasak hingga proses pembuatan dan makanan siap untuk disajikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui studi pengetahuan dan sikap penjamah makanan dalam pengolahan makanan di rumah makan pogaian beach Desa Tomini Kecamatan Tomini Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dimana, data diperoleh melalui proses wawancara mendalam (indepth interview) kepada orang orang yang dipandang tahu tentang situasi dilapangan yang akan diteliti, semua data yang sudah terkumpul menjadi kunci terhadap apa yang diteliti.  Hasil penelitian dari penjelasan informan dapat ditarik kesimpulan bahwa pengetahuan penjamah makanan masih rendah, mengenai hygiene sanitasi pengolahan makanan. Begitupun dengan perilaku penjamah makanan masih kurang memperhatikan hygiene sanitasi pengolahan makanan. Hasil penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan hygiene sanitasi pada rumah makan terutama pada sanitasi pengolahan makanan.

References

1. Islam F, Priastomo Y, Mahawati E, Utami N, Budiastutik I, Hairuddin MC, et al. Dasar-Dasar Kesehatan Lingkungan. Yayasan Kita Menulis; 2021.
2. Kepmenkes RI. Persyaratan Hygiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran. Jakarta; 2003.
3. Fithri NK. Hygiene dan Sanitasi pada Penjamah Makanan di Kantin Universitas Esa Unggul. Indones Heal Inf Manag J. 2016;4(2):43–8.
4. Zanin LM, da Cunha DT, de Rosso VV, Capriles VD, Stedefeldt E. Knowledge, attitudes and practices of food handlers in food safety: An integrative review. Food Res Int. 2017;100:53–62.
5. Wulansari DT dan SL. Sanitasi Dapur Dan Hygiene Penjamah Makanan Rumah Makan Café Lina Banyuwangi. J Kesmas Untika Luwuk. 2018;53(9):1689–99.
6. Amalia IS, Rohaeni E, Mariawati D. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dengan Praktik Hygiene Sanitasi Penjamah Makanan Di Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan Tahun 2013. J ilmu-ilmu Kesehat Bhakti Husada Kuningan. 2015;04(02):52–7.
7. Assa YM, Boky H, Umboh JML. Higiene Sanitasi Rumah Makan di Kelurahan Sendangan Kecamatan Kawangkoan Kabupaten Minahasa Tahun 2019. eBiomedik. 2019;7(2).
8. Akabanda F, Hlortsi EH, Owusu-kwarteng J. Food safety knowledge , attitudes and practices of institutional food-handlers in Ghana. BMC Public Health. 2017;1–9.
Published
2022-03-10
Section
Artikel Penelitian