Edukasi Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah dan Pelaksanaan Kelompok Terapeutik di SD Pesantren Hidayatullah Tondo: (Laporan Kegiatan Pengabdian Masyarakat)

Education for Growth and Development of School Age Children and Implementation of Therapeutic Groups at Hidayatullah Islamic Boarding School Tondo: (Community Service Activity Report)

  • Helena Pangaribuan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Palu Jurusan Keperawatan
  • Supriadi Supriadi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Palu Jurusan Keperawatan
  • Arifuddin Arifuddin Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Palu Jurusan Keperawatan
  • Jurana Jurana Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Palu Jurusan Keperawatan
  • I Wayan Supetran Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Palu Jurusan Keperawatan
  • Fadli Daeng Patompo Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Palu Jurusan Keperawatan
  • Lenny Lenny Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Palu Jurusan Keperawatan
Keywords: Edukasi, Tumbuh Kembang, Anak Usia Sekolah

Abstract

Perkembangan anak usia sekolah/ Middle Childhood berada pada rentang usia 6-12 tahun disebut potensi berkarya versus harga diri rendah. Perkembangan motorik dan emosi sangat penting untuk membentuk kepribadian dan kepercayaan diri.beberapa penelitian menyebutkan kegagalan dalam mencapai tugas perkembangan dapat menyebabkan anak rendah diri dan mempengaruhi tahap perkembangan berikutnya. Oleh karena itu, dibutuhkan terapi untuk meningkatkan perkembangan motorik dan emosi anak usia sekolah. Sekolah Dasar Pesantren Hidayatullah adalah sekolah dasar yang mendidik siswanya secara akademik dan agama Untuk itu perlu dilakukan edukasi tumbuh kembang anak usia sekolah dan pelaksanaan kelompok terapeutik di Pesantren Hidayatullah Tondo. Tujuan pengabdian ini meningkatkan kemampuan siswa Sekolah Dasar Pesantren Hidayatullah tentang edukasi tumbuh kembang dan kelompok terapeutik. Sasaran kegiatan ini adalah siswa Sekolah Dasar Pesantren Hidayatullah kelas IV-VI berjumlah 100 orang. Pelaksanaan pengabdian ini dilaksanakan pada tanggal 17 September 2019, yang melibatkan Dosen dari Poltekkes Kemenkes Palu dan juga melibatkan mahasiswa DIII Keperawatan Palu dan DIV Keperawatan Palu. Metode edukasi dan kelompok terapeutik adalah ceramah dan role play yang dilakukan di ruangan aula Pesantren Hidayatullah. Setelah dilaksanakan edukasi tumbuh kembang dan kelompok terapeutik siswa telah mengetahui perkembangan anak usia sekolah dan bermain melalui kelompok terapeutik. Bagi sekolah Pesantren Hidayatullah dapat menyiapkan sarana untuk menstimulasi perkembangan anak usia sekolah.

References

Kaplan, H.I., B.J., Grebb, JA. (2010). Sinopsis Psikiatri. Jilid 2. Tanggerang; Binarupa Aksara Publisher

Keliat, B.A. (2011). Model Praktek keperawatan profesional Jiwa.Jakarta: EGC

Keliat, B.A & Akemat, P. (2014). Keperawatan Jiwa: Terapi Aktivitas Kelompok Edisi 2. Jakarta: EGC

Marmarosh, & Tasca.G.(2013), Adult attachmaent anxiety:using group therapy to promote change, journal of clinical pshycology, 69(11), 1172-1182 Doi:10.1002/jclp.22044.

Moules.T.,&Ramsay,T.(2008) The textbook and children’s and young peopel’s Nursing (2nd ed). Victoria: Blackwell.

Rachael. L.Lee., Clare.f., Tiley. ( 2009 ) , The Place 2 Be : Measuring the effectivennes of in primary school based therapeutic intervention of in england and scotland the place 2 Be, reseach and evaluation, journal of Pediatic.

Soetjiningsih. (2004) Tumbuh Kembang Remaja dan permasalahannya. CV Sagung Seto Jakarta.

Workshop Keperawatan Jiwa IX. (2015). Modul Terapi Keperawatan Jiwa. Depok: FIK UI.

Yusuf, (2009 ). Psikologi perkembangan anak dan Remaja, Bandung,PT Remaja.

Published
2022-01-08
Section
Research Articles