Persepsi Masyarakat Terhadap Jasa Transportasi Udara (Studi kasus: Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ-182)

Public Perception of Air Transportation Services (Case study: the crash of Sriwijaya Air SJ-182)

  • Tenerman Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
Keywords: Persepsi Masyarakat, Jasa Transportasi Udara, Sriwijaya Air

Abstract

Transportasi di Indonesia, meliputi transportasi darat (bus dan kereta api), transportasi laut (kapal pesiar) dan transportasi udara (pesawat terbang), masing-masing jasa transportasi ini memiliki keunggulan dan kelemahan yang dilihat dari beberapa aspek. Salah satu transportasi yang digunakan oleh masyarakat adalah transportasi udara, dengan memanfaatkan kemudahan dalam beraktivitas. Namun, transportasi udara juga mengalami beberapa kendala dalam penerbangannya, meliputi prosedur dan mekanisme keberangkatan maupun penerapan penerbangan menuju lokasi yang dituju. Jasa transportasi udara juga sering sekali mengalami human error dalam penerbanganannya sehingga mengalami kejadian yang dapat mengakibatkan kematian seperti yang dialami penumpang pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap jasa transportasi udara terkait jatuhnya pesawat Sriwijaya Air Sj-182. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, sehingga menghasilkan penelitian yang terkait persepsi masyarakat terhadap jasa transportasi udara Sriwijaya Air SJ-182. Hasil yang diperoleh adalah bahwa tragedi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 merupakan kesalahan fatal yang dilakukan oleh pihak maskapai, sehingga memberikan dampak negatif terhadap kualitas jasa transportasi udara di tengah masyarakat.

References

1. Danu Prayoga D. Persepsi Tokoh Masyarakat Terhadap Jasa Transportasi Udara Terkait Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air Sj-182. UMSU; 2021.
2. Lanani K. Belajar berkomunikasi dan komunikasi untuk belajar dalam pembelajaran matematika. Infin J. 2013;2(1):13–25.
3. Fajar M. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Yogyakarta Graha Ilmu. 2009;70.
4. Suprapto T. Pengantar Teori Komunikasi. Yogyakarta Media Press. 2006;
5. Widjaja AW. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi, Jakarta. Rineka Cipta; 2000.
6. Bungin B. A. Jenis dan Pendekatan Penelitian. Proses Kerja Kbl Dalam Menjalankan Progr Corp Soc Responsib Di Pt Pelindo 1 Cab Pekanbaru Untuk. :33.
7. Idayanti I, Zamzam F, Marnisah L. Analisis Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Secara Online (Studi Kasus Rute Penerbangan Palembang–Cengkareng). Integritas J Manaj Prof. 2021;2(1):1–14.
8. Setiani B. Prinsip-prinsip pokok pengelolaan jasa transportasi udara. J Ilm Widya. 2018;4(3).
9. Walgito B. Pengantar Psikologi Umum, Edisi Revisi. Yogyakarta CV Andi Offset. 2010;
10. Simbolon M. Persepsi dan kepribadian. J Ekon. 2007;1(1):52–66.
Published
2022-01-08
Section
Research Articles