Pengaruh Layanan Iklan Kesehatan Covid-19 Terhadap Pengetahuan dan Sikap Masyarakat di Kelurahan Boneoge Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala

The Effect of Covid¬-19 Advertisement Towards People’s Knowledge and Attitude in Boneoge Sub-District, Banawa District, Donggala Regency

  • Isqaida Ningsih Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Finta Amalinda Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muh Jufri Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Iklan Layanan Kesehatan, Pengetahuan, sikap

Abstract

Iklan layanan masyarakat ialah iklan yang bertujuan untuk menyampaikan informasi, mengajak, atau mendidik masyarakat demi keuntungan sosial. Keuntungan sosial yang di inginkan berkaitan dengan peningkatan pengetahuan, kesadaran sikap.Dengan begitu adanya iklan layanan kesehatan Covid-19 yang di siarkan di televisi pada siaran CNN Indonesia dan Kompas Tv dapat mempermudah penyampaian informasi atau pesan-pesan yang berkaitan dengan kesehatan Covid-19. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh iklan layanan kesehatan Covid-19 terhadap pengetahuan  dan sikap orang dewasa di Kelurahan Boneoge Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif.Populasi berjumlah 84 orang yang telah menonton siaran iklan layanan kesehatan pada siaran Kompas TV dan CNN Indonesi. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling. Sampel diambil dengan acak dan dilakukan stratafikasi atau menghitung proporsi sampel untuk masing-masing RW.Analisis yang di gunakan yaitu regresi linear sederhana dengan dengan tingkat kepercayaan 95%. A=0,05.Hasil penelitian yaitu tidak ada pengaruh signifikan antara layanan iklan kesehatan Covid-19 terhadap pengetahuan dan sikap Masyarakat di Kelurahan Boneoge Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala dengan nilai sig 0,169 dan 0,394 (sig < 0.05).

References

1. Lubis DS, Fitri L. PENINGKATAN UPAYA PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN PADA MASA PANDEMIK DI SULAWESI TENGAH. In: Prosiding Forum Ilmiah Tahunan (FIT) IAKMI. 2020.
2. Gargita IW. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepemilikan Jamban Setelah Pemicuan STBM di Desa Pantolobete Wilayah Kerja Puskesmas Lalundu Despot Kecamatan Rio Pakava Kabupaten Donggala. J Kolaboratif Sains. 2020;3(5):223–31.
3. Astuti GW, Sauri S. Tindak tutur ilokusi pada iklan layanan masyarakat pencegahan covid-19 : filsafat bahasa j. l. austin 1,2. :296–306.
4. Hermawan I. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran; 2019.
5. Asti Y. Hubungan Pengetahuan dan Sikap terhadap Perilaku Penyalahgunaan Narkoba pada Siswa/i SMP Negeri 4 Kecamatan Pontianak Timur Kotamadya Pontianak Tahun 2013. J Mhs PSPD FK Univ Tanjungpura. 2014;1(1).
6. Handri I. Rancangan Mesin Pakan Ternak Sapi Bahan Bekatul Penambahan Nutrisi Em4 Skala Home Industri. Universitas Wijaya Putra; 2017.
Published
2021-12-07
Section
Artikel Penelitian