Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Indonesia Di Tk Aisyiyah Busthanul Atfhal Iii Lumbudolo

The Application Of Singing Method in Learning Indonesia Vocabulary At Kindergarten Of Aisyiyah Busthanul Atfhal III Lumbudolo

  • Zuhaina Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Asri Hente Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Mustamin Idris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Metode Bermain, Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Indonesia

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran kosa kata bahasa Indonesia di TK Aisyiyah Busthanul Atfhal III Lumbudolo ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran kosa kata bahasa Indonesia di TK Aisyiyah Busthanul Atfhal III Lumbudolo. Objek penelitian ini adalah penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran kosa kata bahasa Indonesia di TK Aisyiyah Busthanul Atfhal III Lumbudolo. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi dan penegasan kesimpulan. Pelaksanaan kegitan pembelajaran terdapat dalam kegitan inti pembelajaran serta kegiatan pembiasaan. Kegitan inti pembelajaran seperti, dimana anak mulai kegiatan pembelajaran metode bernyanyi dan kemudian anak akan mendapatkan kata-kata baru dalam bahasa Indonesia melalui percakapan dengan teman saat melakukan kegiatan bernyanyi dengan tidak sengaja dan juga membiasakan diri menggunakan bahasa Indonesia saat berbicara tanpa adanya paksaan karena kegiatan dilakukan melalui metode bernyanyi. Dengan metode bernyanyi dapat membantu guru dalam proses pembelajaran untuk perkembangan kemampuan berbicara, akan tetapi masih ada anak yang masih kurang fokus pada pembelajaran karena naluri anak yang masih bermain, mengganggu temannya, dan faktor lain yang menjadi alasan perkembangan kemampuan berbicara anak. Anak tidak dapat fokus dalam pembelajaran dimana Dari pernyataan di atas manfaat pada penerapan kemampuan berbicara melalui kegiatan bernyanyi adalah dimana guru lebih optimal dalam pelaksanaan pembelajaran agar anak dapat fokus dalam pembelajaran berlangsung, dapat berbahasa yang baik, mengembangkan imajinasinya, dapat menggerakan alat permainan dan anak bisa menciptakan gaya bernyanyinya sendiri. Dari pernyataan di atas pelaksanaan penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran kosa kata bahasa Indonesia pada anak usia dini tahap perkembangan kemampuan berbicara anak melalui kegiatan bernyanyi, media yang digunakan harus menarik minat anak juga merupakan faktor pendukung dalam perkembangan kemampuan berbicara anak.

References

Fahrudin dan Jamaris, M. (2005).Peningkatan Pen-guasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Per-mainan. Vol 3. No 2. 1-41.

Hurlock, E.B. 2001.Perkembangan Anak, Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Kamtini. 2005. Bermain melalui Gerak dan Lagu di Ta-man Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Rasyid, Fathur. 2010. Cerdaskan anakmu dengan musik. Yogyakarta: Diva Press.

Moleong. Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kuali-tatif, Bandung: Remaja Karya. Masitoh, dkk, 2007.Strategi PembelajaranTK. Jakarta: Universi-tas Terbuka.

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi pembelajaran. IQRA Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1-9.

Noor. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenada Media Group.

Riswandi. 2004.Ilmu komunikasi. Jakarta : Graha Ilmu.

Stone Randi. 2013. Cara-cara Terbaik Untuk Mengajar Reading. Jakarta: Indeks

Tarigan Henry Guntur. 2011. Dasar-dasar Psikosastra. Bandung: Angkasa

Burhan, Bungin. 2003. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Published
2020-09-14
Section
Articles