Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Melalui Metode Kerja Kelompok Di Kelompok B Tk Aisyiyah Paranggi

The Efforts Of Increasing Children Hard Motoric Through Game Of Engran Coconut Shell At Group B Of Panasibaja Marawola Barat Kindergarten

  • Muslimah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Interaksi Sosial Anak, Kerja Kelompok

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode kerja kelompok dapat meningkatkan interaksi sosial anak di kelompok B TK Aisyiyah Paranggi? Dan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan interkasi sosial anak melalui metode kerja kelompok di kelompok B TK Aisyiyah Paranggi.  Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan secara bersiklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif yaitu data yang diperoleh diubah ke dalam bentuk persentase. Dari hasil penelitan yang telah dilaksanakan, maka melalui metode kerja kelompok dapat meningkatkan kemampuan sosial anak di kelompok B TK Aisyiyah Paranggi. Hasil pengamatan pra tindakan saling komunikasi antar anak kategori BSB 0%, 20,00% yang masuk kategori BSH, 53,33% yang masuk kategori MB, dan 26,67% yang masuk kategori BB. Aspek bekerjasama, 0% BSB, 60,00% yang masuk kategori BSH, 40,00% yang masuk kategori MB, dan 0% yang masuk kategori BB. Aspek tolong menolong, 0% yang masuk BSB, 13,33% yang masuk kategori BSH, 66,67% yang masuk kategori MB, dan 20,00% yang masuk kategori BB. Berdasarkan hasil pengamatan tindakan siklus I pertemuan pertama dan kedua, bahwa belum ada anak yang mendapatkan kategori BSB, maka dilanjutan kesiklus II pertemuan pertama dan pertemuan kedua, dari 15 orang anak  terdapat 12 orang anak yang mendapatkan kategori BSB dengan nilai 80, yaitu dengan jumlah klasikal yang di dapatkan (80,00 %) dan 3 orang anak mendapatkan kategori BSH  memperoleh nilai 20, sehingga nilai yang didapatkan (20,00%). Maka dengan demikian penelitian berhenti pada Siklus II pertemuna kedua.

References

Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Ke-las. Jakarta: Bumi Aksara.

Natalia. (2013). Metode Mengajar Kerja Kelompok. [Online]. Tersedia: http://renny nataliablog-spot.com/2013/01/metode-mengajar-kerja-kelompok.html[17 November 2020].

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi pembelajaran. IQRA Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1-9.

Santosa, Slamet. 2004. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.

Sarwono, Sarlito W. & Eko A. Meinarno. 2011. Psikolo-gi Sosial. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Soerjono Soekanto. 2005. Sosiologi Suatu Pengantar. Rajawali Press, Jakarta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuali-tatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suyadi. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jog-yakarta: DIVA Press

Thaha, Tjatjo. 2002. 350 Tanya Jawab Tekhnologi In-struksional. Palu: UNTAD Press.

Walgito, B. 2007. Piskologi Sosial: Suatu Pengantar. Yogyakarta : Andi Offset..

Published
2020-05-14
Section
Articles