Peran Guru dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Lari Karung di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (Tkit) Ibnul Mubarok Kecamatan Palu Timur

The Role of Teachers in Developing Children's Gross Motoric Through Traditional Sack Running Games in Group B of the Integrated Islamic Kindergarten (Tkit) Ibnul Mubarok, East Palu Districti

  • Nurlaelah Dala Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Abdul Salam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Motorik Bruto, Karung Runni

Abstract

Penelitian ini merupakan model permainan tradisional lari karung yang diterapkan dalam rangka pengembangan motorik kasar anak, orientasi pembelajaran belum melibatkan anak secara aktif secara fisik karena guru hanya memperkenalkan dan belum menunjukkan kepada anak bahwa lari karung merupakan bentuk permainan tradisional. yang perlu mereka ketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan upaya guru, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan keterampilan motorik kasar anak melalui permainan tradisional lari karung di Kelompok B TKIT Ibnul Mubarok Kecamatan Palu Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: Peran dan upaya guru dalam mengembangkan motorik kasar anak melalui permainan tradisional lari karung adalah membuat RPPH, menyiapkan alat permainan, mengatur posisi anak, memberikan arahan kepada anak, mencontohkan cara bermain, memberikan kesempatan kepada anak untuk bermain, memberikan dukungan kepada anak, menanyakan tanggapan anak dan mengevaluasi hasil kegiatan. Faktor penghambat guru dalam mengembangkan motorik kasar anak melalui permainan tradisional lari karung di Kelompok B TKIT Ibnul Mubarok Kabupaten Palu Timur dikarenakan pada masa Pandemi Covid-19, sehingga penerapan permainan tradisional lari karung tidak optimal. Faktor pendukungnya adalah tersedianya sarana dan prasarana untuk mendukung proses pembelajaran, profesionalisme guru yang sangat tinggi, dan suasana sekolah yang kondusif (jauh dari keramaian).

 

References

Amyeni. 2012. “Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Sambil Beryoga Di Taman Kanak-Kanak Darul Falah Padang‟.
Ary, Maharani. 2017. “Pengaruh Metode Penugasan me-lalui Permainan Balap Karung terhadap Kemam-puan Motorik Kasar pada Anak Kelompok B2 di TK Kumara Bhuana III”. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha.
Dapertemen Agama RI. 2000. “Al Qur’an Dan Terjema-hannya”, Bandung: Diponegoro.
Farida, Aida. 2016. “Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini‟. Uni-versitas Negeri Sumatera Utara.
Hafifah, Maysyah. 2016. “Upaya Meningkatkan Ket-erampilan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Lempar Tangkap Bola Pada Kelompok A1 Di Tk ITQ AlIkhlas Tlatar Sawangan Magelang‟.
Intan Reski Magfira. 2018. “Pengaruh Permainan Tradi-sional Bakiak Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Di Kelompok B Taman Kanak-Kanak (TK) Handayani Baliase”.
Ismail, Muh. Ilyas. 2010. Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
Jahja, Yudrik. 2011. “Psikologi Perkembangan”. Jakarta: Prenada Media Grup.
Martinis. 2010. “Panduan Pendidikan Anak Usia Dini”. Jakarta: Gaung Persada.
Pontoh, Oleh Widya P. 2013. “Peranan Komunikasi In-terpersonal Guru Dalam Meningkatkan Penge-tahuan Anak‟.
Ririn Rinarti. 2014. “Pengaruh Permainan Tradisional Benteng Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Di Kelompok B Taman Ka-nak-Kanak (TK) Ria Kartini Pewunu Kecamatan Dolo Barat”.
Sugiyono. 2015. “Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods)”. Bandung: Alfabeta.
________. 2016. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kuali-tatif, dan r&d”. Bandung: Alfabeta.
Tajuddin, Nilawati, “Meneropong Perkembangan Anak Usia Dini Perspektif AlQur’an”, (depok: Heriya Media, 2014).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Jakar-ta: Sinar GRafika, 2013).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Wiyani, Novan Ardy. 2014. “Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini”. Yogyakarta: Gava Media.
Yenni, Rachmawati. 2017. “Gambaran perkembangan motorik anak usia 5-6 tahun yang bermain games gadget”. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasion-a
Published
2020-05-14
Section
Articles