Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Perkembangan Berfikir/Kognitif Anak di Paud

T The Effect of the Covid-19 Pandemic on the Thinking/Cognitive Development of Children in Early Childhood Education

  • Nova Djangkali Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Pandemi Covid-19, Perkembangan Kognitif, Anak Paud

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah Bagaiman pengaruh pandemi covid-19 terhadap perkembangan berfikir/kognitif anak di TK Mutiara Hati Kecamatan Palu Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh pandemi covid-19 terhadap perkembangan berfikir/kognitif anak di TK Mutiara Hati Kecamatan Palu Selatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, guru, wali murid dan siswa Mutiara Hati Kecamatan Palu Selatan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan berfikir kognif anak Mutiara Hati Kecamatan Palu Selatan selama mengikuti pembelajaran sistem online (daring) pada masa pandemi Covid-19 anak TK Mutiara Hati dalam aspek kemampuan memecahkan masalah, kemampuan berfikir logis dan kemampuan berfikir simbolik termasuk dalam kategori mampu dan cukup mampu. Pencapaian perkembangan berfikir/kognitif anak di Mutiara Hati Kecamatan Palu Selatan dikarenakan guru Mutiara Hati Kecamatan Palu Selatan selalu berusaha memberikan materi pembelajaran atau tugas yang berisikan upaya menstimulasi perkembangan aktivitas anak. Dampak lainnya sistem pembelajaran daring (online) terhadap perkembangan pada anak adalah adanya beberapa orang tua yang kurang mendukung atau tidak berpartisipasi dalam sistem pembelajaran. Siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru karena tidak adanya bimbingan karena kesibukan orang tua sehingga ada perbedaan perkembangan kognitif antara satu siswa dengan siswa lainnya.

References

Agung, I. 2010. Perluasan Wajib Belajar 12 Tahun: Sua-tu Pemikiran. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidi-kan.
Ahmad Susanto, 2014, Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya, Jakarta: Pre-nadamedia Group
Alwi dkk, 2002, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakar-ta: Balai Pustaka.
Ansari, A., & Purtell, K. M. 2017, Activity settings in full-day kindergarten classrooms and children’s early learning. Early Childhood Research Quarter-ly, diunduh ttps://doi.org/10.1016/j.ecresq.2016.09.003
Arikunto Suharsimi. 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta. Rineka Cipta.
Cahyaningsih, Dwi Sulistyo. 2011, Pertumbuhan Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta : TIM
Mansur, 2014, Pendidikan Usia Dini Dalam Islam, Yog-yakarta: Pustaka Belajar.
Maulidya Ulfah, 2015, Konsep Dasar PAUD, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, 2017, Strategi Pembelajaran PAUD, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Novan Ardi Wiyani, 2014, Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
Ramaikis Jawati, 2013, Peningkatan Kemampuan Kogni-tif Anak Melalui Permainan Ludo Geometri Di Paud Habibul Ummi II, Universitas Negeri Pa-dang: Artikel Vol. I, No.1.
Published
2020-01-15