Upaya Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Pencampuran Warna di TK Satu Atap Inpres Binangga

Teachers' Efforts to Increase Children's Creativity Through Mixing Color Activities in One Roop Kindergarten Inpres Binangga

  • Moh adhiyatma Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Kreativitas, Pencampuran Warna, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Upaya guru  dalam  meningkatkan  kreativitas  anak  melalui kegiatan  pencampuran  warna,  2)  Peran  guru  dalam meningkatkan kreativitas anak   melalui   kegiatan pencampuran warna, 3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan pencampuran warna. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, serta dianailisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Agar data yang diperoleh terjamin validitas dan kredibilitasnya maka pengecekkan keabsahan data melalui metode trianggulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:  1)  upaya  yang  dilakukan guru  adalah guru  selalu mengikuti  pelatihan  peningkatan  mutu  dan  sekolah juga selalu mengadakan KKG antar gugus guna mengevaluasi kembali pembelajaran berdasarkan hasil penilaian anak yang sekiranya berkaitan dengan berbagai macam permasalahan perkembangan pada anak khususnya peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan pencampuran warna. 2) Peran guru dalam meningkatkan kreativitas anak adalah dengan memberikan pembelajaran yang inovatif dan kreatif serta menarik minat anak. 3) faktor pendukung yang paling mendasar adalah peran guru dan orang tua, media yang menarik, serta situasi dan kondisi yang dapat membuat anak nyaman sedangkan faktor penghambat yaitu minat dan kemauan anak, sehingga guru dituntut harus lebih dapat memahami apa yang diinginkan anak serta guru juga harus mampu memberikan pembelajaran yang dapat menstimulus minat  dan  kreativitas  anak. Selain itu komunikasi antara guru dan orang tua peserta didik sangatlah penting dalam meningkatkan aspek perkembangan dari peserta didik.

References

Arif. S. Sadiman dkk, 2011, Media Pembelajaran, Pengertian, Pemahaman, dan Pemanfaatannya. Ja-karta: Raja Grafindo Persada.
Ali mudlofir dan evi Fatimatur R, 2016, Desain Pem-belajaran Inovatif Dari Teori Ke Praktik, Jakarta: Rajawali Pers.
Badru Zaman, 2012, Media dan Sumber Belajar, Tange-rang: Universitas Terbuka. Departemen Agama RI, 2002, Alqur’an dan terjemahannya, Jakar-ta: karya utama Surabaya.
Depdiknas, 2005, Kamus Besar Bahasa Indo-nesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Dynna Wahyu P.S 2013, Pengaruh Bermain Plastisin Terhadap Kreativitas Anak
Usia 5-6 Tahun Ditinjau dari Bermain Secara Individu dan Kelompok, Jurnal. Surabaya: Universitas Air-langga.
Lexy .J.M oleong 2004, Metodologi Penelitian Kuali-tatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Musfiroh, Tadkiroatun 2008, Pengembangan Kecerdasan Majemuk, Jakarta: Universitas Terbuka.
Soewignjo, Santoso, 2013, Seni Mengatur Komposisi Warna Digital, Yogyakarta: Taka Publisher.
Sugiono, 2014, Metode Penelitian pendidikan Pendeka-tan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D, Bandung: Alfabeta Undang – Undang No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Na-sional, Jakarta: Visimedia.
Utami Munandar, 1999, Kreativitas dan Keterbakatan, Jakarta: Gramedia
Pustaka Utama. 2009, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta
Published
2020-01-15