Hubungan Gaya Kognitif dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini

The Relationship between Cognitive Style and Achievement Motivation with Science Learning Outcomes in Early Childhood

  • Meggi Rahayu Pendidikan Nonformal Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Gaya Kognitif, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Gaya Koginif dengan hasil belajar SAINS pada Anak Usia Dini, serta hubungan motivasi berprestasi dengan hasil belajar SAINS Pada Anak Usia Dini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi adalah Anak kelompok A dan B TK Islam Al-Hidayah di PALU. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik sampling jenuh. Tehnik  pengumpulan data  dengan  nilai  hasil belajar Sains digunakan  untuk mengambil data  tentang  hasil  belajar sedangkan  Instrumen angket yang berupa perbedaan gambar digunakan untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan Gaya Kognitif  dan angket wawancara untuk mengukur motivasi  berprestasi. Tehnik analisis data digunakan adalah analisis korelasi. Hasil yang didapatkan bahwa gaya kognitif anak sebesar 0,803, motivasi berprestasi anak sebesar 0,707 dan hasil belajar SAINS pada Anak usia Dini sebesar, 0,601. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: Gaya Kognitif  berhubungan secara signifikan  dengan  hasil  belajar SAINS pada Anak Usia Dini, dengan nilai  koefisisen  korelasi 0,775, serta motivasi  berprestasi berhubungan  secara signifikan  dengan hasil  belajar SAINS pada Anak Usia Dini dengan  nilai  koefisisen  korelasi  0,750. Secara umum, Gaya Kognitif dan motivasi berprestasi berhubungan  secara  signifikan secara bersama-sama dengan hasil belajar SAINS pada Anak Usia Dini dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,827.

References

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendeka-tan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Chaerani, N. 2011. Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Global Islamic School Jakarta. UIN Syarif Hi-dayatullah. Jakarta.

Direktorat PAUD, unicef, (2017) Bermain Sains Untuk Anak Usia Dini. Kemdikbud

Lestari, P. 2014. Korelasi antara Motivasi Berprestasi dengan Hasil Pembelajaran PKn Siswa SDN 22 Pontianak Barat. Universitas Tanjung Pura. Ponti-anak.
Suryanti, N. 2014. Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Menengah . Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika JINAH Vol. 4: 1. Singaraja.
Riduwan. 2005. Belajar Muda Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Sobur, A. 2003. Psikologi Umum. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Published
2020-01-15