Peningkatan Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan Pada Dusun Klangkapan 2 Margoluwih Sayegan Sleman

  • Surya Lesmana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Burhan Barid Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Jazaul Ikhsan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Risdiyanto Risdiyanto Universitas Janabadra,
Keywords: sampah; pengelolaan; rumah tangga

Abstract

Sampah telah menjadi problematika bagi kita semua serta lingkungan yang kita tempati. Sampah setiap hari diproduksi dari hasil berbagai aktivitas manusia. Produksi sampah yang semakin alam meningkat jumlahnya seiring dengan bertambahanya populasi penduduk dan isdustri, tidak sebanding dengan kapasitas tempat pembuangan sampah akhir. Hal ini mengakibatkan permasalahan dalam pengelolaan sampah.yang ada Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai metode pengelolaan sampah serta metode pengolahannya untuk sampah dalam skala rumah tangga. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah sosialisasi pilah pilih sampah serta pelatihan mengolah sampah organic yang berasal dri rumah tangga. Program pengabdian ini sangat membantu masyarakat dengan hasil : masyarakat mampu mengetahui berbagai jenis sampah yang ada, masyarakat memiliki kesadaran yang meningkat dalam hal pengelolaan sampah, masyarakat dapat mengetahui metode pengelolaan dan pengolahan  sampah yang tepat, dan masyarakat memiliki kesadaran untuk membentuk kekompok shodaqoh sampah sebagai wujud nyata dalam mewujudkan pengelolaan sampah yang baik untuk menjaga lingkungan tetap sehat

References

Astuti, A. P., Tri, E., & Maharani, W. (2020). Pengaruh Variasi Gula Terhadap Produksi Ekoenzim Menggunakan Limbah Buah Dan Sayur. Jurnal EDUSAINTEK, 4, 470–479.
Ayilara, M. S., Babalola, Q. S., & Odeyemi, Q. Q. (2020). Waste Management Through Composting: Challenges and Potentials. Sustainability. Jurnal Sustainability, 12(11).
Sholihah, K. K. A., & Hariyanto, B. (2020). Kajian Tentang Pengelolaan Sampah di Indonesia. Jurnal Geografi Dan Pendidikan Geografi, 3(3), 1–9.
Susilowati, L. E. (2014). Peran Perempuan Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Berbasis Program 4p Di Wilayah Pesisir Desa Labuhan Haji—Lombok Timur. Jurnal Penelitian UNRAM, 18, 96–105.
Ulfia, S., & Rina, O. (2021). Eco Enzyme: Pengolahan Sampah Rumah Tangga Menjadi Produk Serbaguna di Yayasan Khazanah Kebajikan. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.
Wisnu Aji, R. (2019). STRATEGI PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KABUPATEN CILACAP JAWA TENGAH. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 2(2).
Published
2023-09-16
How to Cite
Lesmana, S., Barid, B., Ikhsan, J., & Risdiyanto, R. (2023). Peningkatan Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan Pada Dusun Klangkapan 2 Margoluwih Sayegan Sleman. Sambulu Gana : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 71-78. https://doi.org/10.56338/sambulu_gana.v2i3.4041