IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KAWASAN TANPA ROKOK PADA PEGAWAI DI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-FAHMI PALU

Firmansyah Firmansyah(1*), Sudirman Sudirman(2), Herlina Yusuf(3)


(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.987

Abstract


ABSTRAK

Kebiasaan merokok sudah menjadi budaya pada bangsa kita. Remaja, dewasa bahkan anak-anak sudah tidak asing lagi dengan benda mematikan tersebut. Pelarangan  untuk merokok memang tidak bersifat baku, hanya saja yang ditekankan adalah tidak merokok di tempat umum.  Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi kebijakan kawasan tanpa rokok (KTR) pada pegawai di lingkungan Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Fahmi Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif yaitu merupakan metode penelitian yang dilakukan membuat gambaran atau deskripsi tentang suatu keadaan, dimana penggambaran atas datanya dengan menggunakan kata dan baris kalimat, dengan 9 informan, dimana informan kunci ,merupakan Kepala Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Fahmi Palu, penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 02 April 2019 di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Fahmi Palu. Dari hasil penelitian tentang Implementasi Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok dapat disimpulkan bahwa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Fahmi Palu, belum efektif dan banyak kendala dalam implementasinya yang masih harus diperbaiki  seperti belum maksimalnya sosialisasi yang dilakukan sehingga baik aparat pelaksana maupun masyarakat belum  mengetahui tugas, fungsi dan perannya masing-masing. Di sarankan kepada pelaksana untuk menegakan aturan yang berlaku  karena bagaimanapun aturan berupa Peraturan Daerah sebagai suatu produk hukum  daerah yang telah ditetapkan harus dijunjung tinggi dalam pencapaian  tujuan yang telah ditetapkan.

Kata Kunci    : Implementasi, Kawasan Tanpa Rokok, Sekolah


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aneta, A. (2010). Implementasi Kebijakan Program Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan (P2KP) di Kota Gorontalo. Jurnal Adminitrasi Publik , Vol 1, No 1.

Arifin, Z. (2016).Penerapan Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok di Kampus Universitas Riau. JOM Fisip, Vol 3, No 2.

Adnani, H. (2011). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: Nuha Medika Yogyakarta.

Heni Trisnowati, S. (2016). optimalisasi Peran Mahasiswa Dalam Penerapan Kawasan Tanpa Rokok. Jurnal Medika respati Vol XI, No 1.

Haifa Nurdiennah,dkk, (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Merokok Sopir Bus Akap di Terminal Terboyo Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol 5, No 1.

Haedar (2015). Evaluasi Kebijakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan di Kelurahan Kabonga Besar Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala. Jurnal Katalogis, Vol 3, No 5.

Herwinda Kurniasih, B. W. (2016). Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa Tentang Upaya Penerapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol 4, No 3.

Kennedi Tampubolon, d. (2013). Implementasi Data Mining Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Alat-alat Kesehatan . Jurnal Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI) Vol,1, No 1.

Nurharjadmo, W. (2008). Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Sistem Ganda di Sekolah Kejuruan . Jurnal Spirit Publik Vol 4, No 2.

Nasruddin Djoko Surjono, P. S. (2013). Dampak Pendapatan dan Harga Rokok Terhadap Tingkat Konsumsi Rokok Pada Rumah Tangga Miskin di Indonesia . Jurnal BPPK, Vol 6, No 2.

Priliantining Asri Wulanningrum, E. R. (2016). Evaluasi Penerapan Kebijakan Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 3 Tahun 2013 Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Pada Program Studi Kesehatan Masyarakat di Perguruan Tinggi Kota Semarang . Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol 4, No 5.

Renaldi, R. (2014). Implementasi Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) pada Mahasiswa di Lingkungan Sekolah. Jurnal Kesehatan vol 9, No 2.

Rahajang, E. (2015). Pengaruh Penerapan Kawasan Tanpa Rokok Terhadap Penurunan Proporsi Rokok Perokok di Provinsi DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Bali. Jurnal Ekologi Kesehatan Vol.14 No.3.

Taruna, Z. (2016). Implementasi Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok di SMA Gadjah Mada Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan Edisi 6 Vol.5.

Yayi Suryo Prabandari, N. N. (2015). Kawasan Tanpa Rokok Sebagai Alternatif Pengendalian Tembakau Studi Efektivitas Penerapan Kebijakan Kampus Bebas Rokok Terhadap Perilaku dan Status Merokok Mahasiswa di Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta . Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan.


Article Statistic

Abstract view : 32 times
PDF views : 45 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.