HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI KEPALA KELUARGA TERHADAP UPAYA PENCEGAHAN DBD DIWILAYAH PUSKESMAS BIROBULI KOTA PALU

Akri Aguspandri Lutani(1*), Nur Afni(2), Muh. Anshar(3)


(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.850

Abstract


Setiap tahun ribuan orang meninggal karena demam berdarah dengue (DBD). demam berdarah dengue juga sering menyebabkan kejadian luar biasa (LKB). Penyakit ini bersifat penyakit yang musiman yang biasa muncul pada musim hujan. Hampir seluruh provinsi kabupaten/kota terjangkit DBD dan 100 orang mati per bulan karena DBD. Masih tingginya angka kematian dan kesakitan DBD di sebabkan karena ketidak pedulian masyarakat dalam menanggulangi DBD, sebagian besar masyarakat sudah tahu cara penanggulangan tapi tidak melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) secara geografis tingkat kepadatan rumah dan penduduk serta mobilitas penduduk di wilayah Puskesmas Birobuli sangat berpotensi terjadinya angka insiden/kejadian kasus DBD.

Jenis penelitian ini adalah analitik dalam bentuk survey yang bersifatobservasional dengan metode pendekatan Cross Sectional yaitu rancangan penelitian untuk mengukur dua variabel sekaligus yaitu tingkat pengetahuan dan motivasi Hasil uji statistik dengan mengunakan Chi-square diperoleh nilai           P = 0,086 (P ≤ 0,05) berarti secara statistik ada hubungan bermakna antara sikap responden dengan upaya pencegahan penyakit DBD (Ho ditolak).    teradap upaya pencegahan DBD.

Adapun saran dalam penelitian ini adalah diharapkan masyarakat untuk lebih memperhatikan kegiatan 3M plus dan pelaksanaan PSN-DBD sehingga mengurangi risiko terkena penyakit DBD yang dimulai dari mengubah kebiasaan yang tidak baik dan memperhatikan lingkungan tempat tinggal sekitar.

 

Kata Kunci : Demam Berdarah Dengue (DBD), Pengetahuan, Motivasi, Upaya Pencegahan DBD


Full Text:

PDF

References


Azzahra, S. A. 2015. Gambaran Pengetahuan Sikap dan Tindakan Masyarakat Di Kelurahan Antang Kecamatan Manggala RW VI Tentang Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) Kota Makassar Tahun 2015 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Afrian, N., Widayati, D., & Setyorini, D. 2016. Pengembangan Model Motivasi Jumanior (Juru Pemantau Jentik Junior) Dalam Perilaku PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) Aedes aegypti Berbasis Integrasi Model Lawrance Green Dan Mc. Clelleand. Journal Of Helath Sciences, No. 9 Vol 2.

Bakta, N. N. Y. K., & Bakta, I. M. (2015). Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap Teradap Perilaku Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Sebagai Pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD Di Banjar Badung, Desa Melinggih, Wilayah Puskesmas Payangan Tahun 2014. E-Jurnal Medika Udayana, No. 4 Vol 6.

Dewi, N. P. 2015. Fakktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Praktik Pemberanatsan Sarang Nyamuk Demam Berdarah Dengue (PSN DBD) Keluarga Di Kelurahan Mulyoharjo Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Dania, I. A. 2016. Gambaran Penyakit dan Vektor Demam Berdarah Dengue (DBD). Warta Dharmawangsa, No. 4 Vol 8.

Francisco, F., Kaunang, W. P., & Kekenusa, J. S. 2018. Hubungan Antara Faktor Lingkungan Biologis Dengan Kejadian Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) Di Wilayah Kerja Puskesmas Tikala Manado. Community Health, No. 2 Vol 5.

Gunarta, I. K. 2016. Peran Keluarga Dalam Meningkatkan Pendidikan Spiritual Anak. Jurnal Penjaminan Mutu, No. 2 Vol 1.

Harahap, R. A. 2017. Pengaruh Faktor Predisposing, Enabling Dan Reinforcing Terhadap Pemberian Imunisasi Hepatitis B Pada Bayi Di Puskesmas Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir. Jumantik (Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan), No. 1 Vol 1.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesi. 2016. Riset Kesehatan Dasar Riskesdas Tahun 2015. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Jakarta.


Article Statistic

Abstract view : 110 times
PDF views : 74 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.