FAKTOR RISIKO KEJADIAN SCABIES DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DOLO KABUPATEN SIGI

Ika Sari Julianti(1*), Budiman Budiman(2), Herlina Yusuf(3)


(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.842

Abstract


Scabies merupakan penyakit endemi di masyarakat yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei. Penyakit ini banyak dijumpai pada anak-anak dan orang dewasa, tetapi dapat mengenai semua golongan umur. Penyakit ini sering dijumpai ditempat-tempat yang padat penduduknya  dengan keadaan kebersihan yang buruk. Penyakit scabies sangat mudah menular, bisa melalui sentuhan langsung dengan penderita atau tidak, misalnya melalui handuk, pakaian, sprei dan barang-barang lainnya yang pernah digunakan oleh penderita.

            Jenis penelitian yang digunakan adalah survey analitik dengan menggunakan pendekatan case control yang digunakan dengan maksud untuk mengetahui hubungan kebersihan perorangan dan kondisi fisik air dengan kejadian scabies di wilayah kerja puskesmas Dolo Kabupaten Sigi. Jumlah sampel semua penderita penyakit scabies dan yang tidak menderita sebanyak 20 kasus dan 20 kontrol. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan Uji Chi Square.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kebersihan perorangan dengan kejadian scabies dengan nilai p= 0,000< 0,05 dan ada hubungan antara kondisi fisik air dengan kejadian scabies dengan nilai p= 0,001< 0,05.

Penelitian ini menyarankan agar institusi puskesmas dan instansi terkait untuk lebih menggiatkan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat tentang penyakit scabies dan juga diharapkan bagi pemberi pelayanan kesehatan agar tetap meningkatkan pemberian informasi kepada masyarakat tentang penyakit scabies (pencegahan, pemberantasan dan penanganannya).

 

Kata Kunci: Kebersihan Perorangan, Kondisi Fisik Air, Kejadian  Scabies


Full Text:

PDF

References


Agus, R. 2009. Scabies : Konsep Pencegahan dan Pengobatan pada Komunitas di Indonesia. Majalah Kedokteran Bandung. Diakses 25 april 2014. http://www.mkb-online.org

Anggraeni, Reni. 2014. Hubungan Pengetahuan dan Hygiene Perorangan Dengan Kejadian Scabies Di Desa Wombo Mpanau Kecamatan Tanantovea Kabupaten Donggala. Karya Tulis Ilmiah Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Palu.

Anshayari. 2012. Profil Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. UPT Surveilans Data dan Informasi Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. Palu.

Anshayari. 2013. Profil Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. UPT Surveilans Data dan Informasi Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. Palu

Chosidow O. 2006. Scabies. The New England Journal of Medicine. 354:16.

Dinas Kesehatan Kabupaten Donggala. 2013. Profil Kesehatan Kabupaten Donggala Tahun 2013. Donggala

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2004. Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta

Djuanda. 2010. Ilmu Penyakit Kulit Dan Kelamin: penerbit FKUI: Jakarta

Djuanda. A. 2006. Ilmu Penyakit Kulit Edisi Ke empat. Jakarta : FKUI

Graham-brown. Robin. 2003. Dermatologi Edisi Ke delapan. Jakarta : Erlangga

Harahap. 2000. Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin Edisi Ke tiga Surabaya : FKUI

Fitri, 2015. Data Penyakit Dinas Kesehatan Kota Palu. Pengelola SP2TP. Palu.

Menaldi SLS, Bramono K, Indriatmi W. 2015. Ilmu penyakit kulit dan kelamin. Edisi ke-7. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Maria. 2009. Konsep Personal Hygiene, Jakarta

Meehan. 2009. Investigasi dan Pengendalian Wabah di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Jakarta : Buku Kedokteran EGC

Suci Chairiya Akmal. 2013. Hubungan Personal Hygiene Dengan Kejadian Skabies Di Pondok Pendidikan Islam Darul Ulum, Palarik Air Pacah, Kecamatan Koto Tangah Padang Tahun. Journal. Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Diakses 23 maret 2014. http://jurnal.fk.unand.ac.id

Subaris Kasjono Yasril. H. 2009. Tehnik Sampling untuk Penelitian Kesehatan Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu

Perry. 2005. Defisit Perawatan Diri, Bandung

Wijayakusuma H. 2008. Ramuan Lengkap Herbal Taklukan Penyakit. Jakarta: Pustaka Bunda

Walton SF, Bart JC. 2007. Problems in diagnosing scabies, a global disease in human and animal population. Jurnal Clinical Microbiology Reviewers. 20(2):268-79.

World Health Organization. 2009. Water-related disease. (diunduh 22 Februari 2018). Tersedia dari: http://www.who.int/


Article Statistic

Abstract view : 66 times
PDF views : 1 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.