FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DIARE DI KELURAHAN NALU KECAMATAN BAOLAN KABUPATEN TOLITOLI

Ubai Dillah(1*), Budiman Budiman(2), Mohamad Andri(3)


(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.837

Abstract


Penyakit diare masih menjadi masalah global dengan derajat kesakitan dan kematian yang tinggi di berbagai negara terutama di negara berkembang, dan juga sebagai salah satu penyebab utama tingginya angka kesakitan dan kematian anak di dunia. Secara umum diperkirakan lebih dari 10 juta anak berusia kurang  dari 5 tahun meninggal setiap tahunnya di dunia dimana sekitar 20% meninggal karena infeksi diare. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian diare di Kelurahan Nalu Kecamatan Baolan Kabupaten  Tolitoli.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif. Kuantitatif merupakan penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungannya (Sugiyono 2017).  Desain yang digunakan pada penelitian ini bersifat Analitik dengan pendekatan cross sectional, yaitu dalam pengukuran dan pengamatan dilakukan padasaat bersamaan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan Kepemilikan jamban dengan kejadian diare di Kelurahan Nalu Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli dengan hasil uji Chi-square nilai p: 0,018 (p value< 0,05). hasil uji Chi-square nilai p: 0,05 (p value< 0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya ada Hubungan Kepemilikan SPAL dengan kejadian diare di Kelurahan Nalu Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli dan hasil uji Chi-square nilai p: 0,021 (p value< 0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya ada Hubungan Kepemilikan tempat sampah dengan kejadian diare di Kelurahan Nalu Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli.

Melalui penelitian ini diharapkan kepada instansi terkait dalam hal ini di Kelurahan Nalu dan dinas kesehatan kabupaten Tolitoli dapat meningkatkan penanggulangan penyakit diare.

 

Kata Kunci : Kondisi Air Bersih, Kepemilik Jamban, Kepemilikan SPAL, Kepemilikan Tempat Sampah dan Kejadian Diare

 


Full Text:

PDF

References


Amin. 2015. Tatalaksana diare akut. Continu Medical Education, 42 (7)

Arimbawa IW, Dewi KAT, A. Z. (2016). Hubungan Faktor Perilaku dan Faktor Lingkungan terhadap Kejadian Diare pada Balita di Desa Sukawati, Kabupaten Gianyar Bali Tahun 2014. Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Univ, 6(1), 8–15.

Abdur Rifai & Eka Wahyuni, 2017. Kondisi Pemukiman Berdasarkan Sarana Sanitasi di Kelurahan Banta-Bantaeng Kecamatan Rappocini Kota Makassar, Jurnal Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Makassar.

Christy, M. (2014). faktor yang berhubungan dengan kejadian diare pada anak. Berkala Epidemiologi, 2 No.3.

Departemen Kesehatan RI. 2011. Situasi Diare di Indonesia, Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan. Kementrian Kesehatan RI.

Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah, 2016. Profil Kesehatan Sulawesi Tengah. Palu.

Fatkhiyah, 2016. Gambaran Kejadian Penyakit Diare di Wilayah Kerja Puskesmas Wedung, Skripsi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Semarang.

Kemenkes RI. 2011. Situasi Diare di Indonesia. Jakarta : Kemenkes RI.

Millah, R. 2012. Hubungan PHBS Tatanan Rumah Tangga dengan Kejadian Diare pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Manukan Kulon Kecamatan Tanden.Skripsi. Surabaya

Melviana.S.M, Dharma.S,Naria.E, 2014. Hubungan Sanitasi Jamban dan Air Bersih Dengan Kejadian Diare Pada Balita di Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan, Jurnal Kesehatan Lingkungan, Program Sarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Murshid R, Tri Joko, 2017. Hubungan Sanitasi Dasar Dan Personal Hygiene dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Tasikmadu Kabupaten Karanganyar, Jurnal Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang.

Nuraeni, 2012. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian diare pada balita di Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat, skripsi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Program Sarjan Kesehatan Masyarakat, Depok.

Notoadmodjo, S. 2013. Prinsip-Prinsip Dasar Kesehatan Masyarakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Notoadmodjo, S. 2013. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta.

Nunun Nurhajati, 2015. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga.

Notoadmodjo, S. 2012. Ilmu perilaku kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Riskesdes, 2018. Laporan Riset Kesehatan Dasar Indonesia.Prevalensi Diare Menurut Provinsi.

Rosyidah, A. 2014. Hubungan Perilaku Cuci Tangan Terhadap kejadian diare pada Siswa di SDN Ciputat 02.

Sintari Lindayani & Azizah R, 2013. Hubungan Sanitasi Dasar Rumah Dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Desa Ngunut Kabupaten Tulung Agung. Jurnal Kesehatan Lingkungan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga.

Steven.A.T & Azizah R, 2013. Hubungan Sanitasi Dasar Rumah Dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Desa Bena Nusa Tenggara Timur, Jurnal Kesehatan Lingkungan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga.

Saleh, Muhammad, H. 2014. Hubungan Kondisi Sanitasi Lingkungan dengan Kejadian Diare pada Anak Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Baranti Kabupaten Sindrap Tahun 2013, 7(1).

Sarudji. 2010. Kesehatan lingkungan. Rineka Cipta. Bandung.

Tambuwun, F. Ismanto, A. Y. & Silolonga, W. 2015. Hubungan sanitasi lingkungan dengan kejadian diare pada anak usia sekolah di wilayah kerja puskesmas bahu manado. E-Journal Keperawatan (EKp), 3(2), 1–8.

Widyasari, 2017. Hubungan Kebersihan Jamban Dan Kualitas Jamban Dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tengah, Skripsi, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, padang.

Wibowo.H. 2013. Gambaran Epidemiologi Penyakit Diare di Rumah Sakit Awal Bross Bekasi, Skripsi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Bekasi.

Widia, 2016. Kajian Kualitas Air Sumur Gali Sebagai Sumber Air Minuman Di Pekon Sukamarga Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat Tahun 2016, Jurnal. www.htttp.widia_universitas_lampung, diakses pada tanggal 1 februari 2019.


Article Statistic

Abstract view : 223 times
PDF views : 165 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.