FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MINAT MASYARAKAT DALAM KEPESERTAAN BPJS KESEHATAN DI KELURAHAN TALISE VALANGGUNI

Nelisma Nelisma(1*), Nur Afni(2), Rosnawati Rosnawati(3)


(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.828

Abstract


Minat masyarakat untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan sebagian besar dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor pengetahuan, faktor sosialisasi dan faktor pembiayaan kesehatan. Sosialisasi merupakan tahap utama masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan mengenai informasi tentang BPJS Kesehatan, adanya sosialisasi yang maksimal akan meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap BPJS Kesehatan sehingga dengan sendirinya masyarakat akan memiliki minat untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan minat masyarakat dalam kepesertaan BPJS Kesehatan.

Jenis penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling yang berjumlah 99 responden.

Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan pengetahuan dengan minat masyarakat dalam kepesertaan BPJS Kesehatan (ρ= 0.000<0.05), ada hubungan sosialisasi dengan minat masyarakat dalam kepesertaan BPJS Kesehatan dengan nilai (ρ= 0.000<0.05), ada hubungan pembiayaan kesehatan dengan minat masyarakat dalam kepesertaan BPJS Kesehatan dengan nilai (ρ= 0.000<0.05).

Peneliti menyarankan kepada instansi agar  mensosialisasikan BPJS Kesehatan lebih maksimal lagi dan mendata lebih detail lagi masyarakat yang mampu dengan yang tidak mampu dalam hal pembiayaan kesehatan sehingga bisa diketahui yang bisa dan layak atau tidak menjadi peserta BPJS Kesehatan yang ditanggung oleh pemerintah.

 

Kata Kunci:  Pengetahuan, Sosialisasi, Pembiayaan Kesehatan dan BPJS  Kesehatan


Full Text:

PDF

References


Aberchrombie, Nicholas, dkk, 2010, Kamus Sosiologi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Abdulsyani, 2007, Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan, Bumi Aksara, Jakarta

Adnani, Hariza, 2011, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Huha Medika, Jakarta.

Asih Eka Putri, 2014, Paham Tentang JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), Friedrich Ebert Stiftung, Jakarta.

Atipah, 2016, Faktor yang Berpengaruh Terhadap Minat Masyarakat Dalam Keikutsertaan Program Jamkesda Di Desa Banjarlor Kecamatan Banjarharjo kabupaten brebes, Universitas Negeri Semarang.

Chaplin, J.P, 2002, Kamus Psikologi, PT Raja Garfindo Persada, Jakarta

Laksono. Trisnantoro, 2005, Memahami Penggunaan Ilmu Ekonomi Dalam Manajemen Rumah Sakit, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta

Notoatmodjo.S, 2007, Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Notoatmodjo.S, 2005, Promosi Kesehatan Dan Teori Aplikasi, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Notoatmodjo.S, 2003, Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Nyoman, 2018, Hubungan Sikap Dan Sosialisasi Dengan Pemanfaatan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Mandiri Di Wilayah kerja Ampibabo,Unibersitas Muhammadiyah Palu.

Sakung. J, Sudirman, 2015. Pedoman Penulisan dan Penilaian Skripsi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Palu.

Salma, 2016, Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keikutsertaan Masyarakat Dalam Jaminan Kesehatan Nasional Di Desa Tegalsari Kabupaten Ponorogo 2015, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Soekanto. S, 2002, Sosiologi Suatu Pengantar, PT Radja Soekanto, Jakarta.

Sumardi, M, 2007, Kemiskinan Dan Kebutuhan Pokok, Rajawali, Jakarta.

Rohmawati, Desy, 2014, Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Sosial Ekonomi Dengan Pemilihan Jenis Iuran Keikutsertaan JKN Mandiri Pada Wilayah Cakupan JKN Tertinggi Di Surakarta, Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah, Surakarta

Widyastuti, 2015, Hubungan Faktor Sosiodemografi, Persepsi Dan Sosialisasi Dengan Kepesertaan Pasien Rawat Jalan Dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional Secara Mandiri Di Puskesmas 1 Denpasar Timur, Tesis, Program Pasca Sarjana Universitas Udayana, Bali.

Badan Pusat Statistik. Kecamatan Mantikulore Dalam Angka 2018. (Https://id.scribd.com/document/394544433/Kecamatan-Mantikulore-Dalam Angka-2018-doc). Diakses 27 Desember 2018.

BPJS Kesehatan Palu, 2018, Jumlah Peserta BPJS Kesehatan Palu.

Kementerian Kesehatan, 2013, Buku Pegangan Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), Dapartemen Kesehatan

Peraturan Presiden Repoblik Indonesia No 111, 2013.Perubahan Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 Tentang Jaminan Kesehatan. Akses 28 Desember 2018.

Undang-undang Republik Indonesia No 40, 2004, Sistem Jaminan Sosial Nasional. (http://eodb.ekon.go.id/download/peraturan/undangundang/UU_40_2004.PDF)


Article Statistic

Abstract view : 46 times
PDF views : 2 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.