HUBUNGAN MASA KERJA DAN SHIFT KERJA PADA OPERATOR SPBU DI KECAMATAN PALU SELATAN

Mila Karmila Kamase(1*), Nur Afni(2), Mohamad Andri(3)


(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.825

Abstract


Kelelahan adalah suatu mekanisme perlindungan tubuh agar tubuh terhidar dari kerusakan lebih lanjut sehingga terjadi pemulihan setelah istirahat. Untuk melihat bagaiamana mekanisme terjadinya kelelahan pada pekerja operator SPBU maka peneliti ingin melakukan penilitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan masa kerja dan shift kerja dengan kelelahan kerja pada operator SPBU di Kecamatan Palu Selatan Kota Palu.

Desain dalam penelitian ini adalah  analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study. Penelitia ini menggunakan total populasi yaitu 43 responden. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu, analisis Univariat dan analisis Bivariat dengan uji Chi-square

Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada hubungan signifikan antara masa kerja dengan kelelahan kerja dengan nilai p  = 0,125 (p > 0,05). Dan tidak ada hubungan signifikan antara shift kerja dengan kelelahan kerja dengan nilai p = 0,635 (p > 0,05) .

Penelitian ini menyarankan kepada pihak SPBU agar selalu memperhatikan waktu istirahat yang cukup serta mengkonsumsi makan bergizi dan menjaga kesehatan pekerja untuk mengurangi kelelahan kerja pada operator selama bekerja.

Kata kunci                     : Masa Kerja, Shift Kerja, Kelelahan Kerja

 


Full Text:

PDF

References


Budiono,dkk. (2013). “Kelelahan (Fatigue) Pada Tenaga Kerja. Bunga Rampai Hiperkes dan Keselamatan Kerja”. Edisi ke – 2 Semarang:Universitas Diponogoro

Direktorat Bina Kesehatan Kerja dan Olahraga, Kementruan Kesehatan, (2014). Situasi Kesehatan Kerja.

Harrington, J. M. 2012. Health Effects of Shift Work and Extended Hours of Work. Occup Environ Med, vol. 58: 68-72.

International Labour Organization (ILO), 2012. “ Infografik: Data dan Fakta Keselamatan Kerja di Indonesia”.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, (2014) “1 orang pekerja di dunia meninggal setiap 15 detik karna kecelakaan kerja”.

Kroemer Karl HE,Grandjean E. (2015). Fitting the task to the human, fifth edition : a textbook of occupational ergonomics. CRC Press. London

Kuswadji, S(2013). “ Pengaturan Tidur Pekerja Shift”. Jakarta : Grup PT Kalbe Farma

Manuaba, (2012) . “ Perbedaan Kelelahan Kerja ditinjau Dari Shift Kerja Pada Karyawan PT. Tirta Alpin Makmur”. Skripsi Universitas Medan Area. Fakultas Psikologi.

MA. Tulus, (2016). Artikel 3 faktor penyebab kecelakaan kerja

Mauritza, L. S., Widodo, I. D. (2011). “ Faktor Dan Penjadualan Shift Kerja . Teknoin , Volume 13, Nomor 2, Desember 2008, 11-22 ISSN : 0853-8697

Nasution,dkk. (2014). Laporan Penelitian “Hubungan Shift Kerja Terhadap Kesehatan dan Produktivitas di Unit Pengolahan Perusahaan Perkebunaan Kelapa Sawit di Sumatera Utara Tahun 1989”, Majalah Kesehatan Masyarakat Indonesia, Tahun XXVI, Nomor 3. Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara Medan.

Oentoro,S, 2014. “Kampanye Atasi Kelelahan Mental dan Fisik”. UI Press,

Occuptional Health Clinics for Ontario Workers Inc. 2012. Shift Work : Health Effect and Solutions. Ontario : Occuptional Health Clinics for Ontario Workers Inc.

Occuptional Safety and Helath Branch. 2012. Guide on Shift Work. Hongkong : Labour Department.

Pulat,(2013).“Perbedaan Kelelahan Kerja ditinjau Dari Shift Kerja Pada Karyawan PT. Tirta Alpin Makmur”. Skripsi, Fakultas Psikologi. Universitas Medan Area.

Schultz, (2011).“Perbedaan Kelelahan Kerja ditinjau Dari Shift Kerja Pada Karyawan PT”. Tirta Alpin Makmur. Skripsi Universitas Medan Area. Fakultas Psikologi.

Setyawati, L M (2010).“Promosi kesehatan dan Keselamatan Kerja, Pelatihan Para Medis Seluruh Jawa Tengah, RSU Soeradji Klaten”.

Suma’mur. P.K, (2013).“Higiene Perusahan dan Kesehatan Kerja. Jakarta : PT. Toko Gunung Agung”.

Setyawati,L. (2010).“Kelelahan Kerja Kronis Kajian Terhadap Perasaan Kerja, Penyusunan Alat Ukur Serta Hubunganya Dengan Waktu Reaksi dan Produktivitas”. Disertasi. Program Pasca Sarjana UGM Yogyakarta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfaberta.

Umyati, (2010).“Faktor-Faktor yang berhubungan dengan Kelelahan Kerja pada pekerja penjahit sektor usaha informal di Wilayah Ketapang Cipondoh Tanggerang Tahun 2009. Skripsi. Jakarta : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Hidayatullah.

WHO, 2010.“ The International Agency for Research on Cancer (IARC)”.

Wijaya, (2010).“Hubungan antara shift kerja dengan gangguan tidur dan kelelahan kerja perawat Instaasi Rawat Darurat Rumah Sakit Sr. Sardjito Yogyakarta” . Tesis, Universitas Gadjah Mada.


Article Statistic

Abstract view : 117 times
PDF views : 258 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.