FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEAKTIFAN KUNJUNGAN IBU ANAK BALITA KE POSYANDU KELURAHAN BUOL KECAMATAN BIAU KABUPATEN BUOL

Sitti Munawaroh(1*), Jamaluddin Sakung(2), Ayu Lestari(3)


(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.824

Abstract


Posyandu merupakan bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat yang mempunyai manfaat memperoleh informasi pelayanan kesehatan terutama kesehatan anak balita dan ibu, memantau pertumbuhan anak balita sehingga tidak terkena gizi buruk dan untuk penyuluhan kesehatan mengenai kesehatan ibu dan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan keaktifan kunjungan ibu anak balita ke posyandu Kelurahan Buol Kecamatan Biau Kabupaten Buol.

Jenis penelitian adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional study,Sampel dalam penelitian ini yaitu semua ibu yang mempunyai anak balita yang berkunjung ke posyandu berjumlah 86 responden, analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat dan bivariat  dengan uji Chi-Square.

Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan keaktifan kunjugan ibu anak balita ke posyandu dengan nilai P = 0,009 (P < 0,05), ada hubungan yang signifikan antara jarak posyandu dengan keaktifan kunjungan ibu anak balita ke posyandu dengan nilai P = 0,006 (P < 0,05), tidak ada hubungan yang signifikan antara fasilitas pelayanan posyandu dengan keaktifan kunjungan ibu anak balita ke posyandu dengan nilai P = 1,000 (P > 0,05).

Kata Kunci     : Dukungan Keluarga, Jarak Posyandu, Fasilitas Posyandu, Keaktifan ke Posyandu


Full Text:

PDF

References


Ahmad Subuh Khairy, 2018. Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Jumlah Kunjungan Balita di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Busang. Jurnal, Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Samarinda, Tahun 2018.

Aswadi, 2018. Perilaku Ibu Terhadap Pemanfaatan Posyandu Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Tarakan Kecamatan Wajo Kota Makassar. Jurnal Kesehatan Volume 10, Nomor 1 Juni, 2018.

Kementrian Kesehatan RI, 2015. Pedoman Umum Pengelolaan Posyandu. Jakarta

Nita Kurnia, 2013. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Partisipasi Ibu Balita dalam Memanfaatkan Pelayanan Gizi Balita di Posyandu Kelurahan Sukasari Kecamatan Tanggerang. Skripsi. Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta

Manadin, 2014. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Ketidakhadiran Balita di Posyandu Desa Tambaharjo Kecamatan Pati Kabupaten Dati Li Pati. Jurnal Kesehatan Masyarakat

Mastin, 2019. Buku Laporan Kegiatan Posyandu Tentang Jumlah Kunjungan Balita Puskesmas Biau Kabupaten Buol tahun 2018. Buol.

Riset Kesehatan Dasar, 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan, republik Indonesia.

Soeryoto, 2012. Hubungan Faktor Karakteristik Ibu Balita dengan Cakupan Penimbangan Balita di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Tesis. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Jakarta.

Suwarsini, 2013. Hubungan Karakteristik Ibu dan Peran Kader dengan Tingkat Kehadiran Ibu Balita di Posyandu Desa Palem Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali. Jurnal Kesehatan. Vol.2. No.2. Surabaya.

WHO, 2018. Maternal Mortality. World Health Organization; 2018.


Article Statistic

Abstract view : 89 times
PDF views : 57 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.