HUBUNGAN POLA MAKAN DAN RIWAYAT PENYAKIT DIARE DENGAN STATUS GIZI ANAK BALITA DI DESA KAVAYA KECAMATAN SINDUE KABUPATEN DONGGALA

Wisda Angliana(1*), Jamaluddin Sakung(2), Finta Amalinda(3)


(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.819

Abstract


Masalah gizi pada anak balita dapat memberikan dampak terhadap kualitas sumber daya manusia, sehingga apabila tidak diatasi dapat menyebabkan lost generation. Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya masalah gizi baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan pola makan dan riwayat penyakit diare dengan status gizi anak balita di Desa Kavaya Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala.

Penelitian ini di lakukan di Desa Kavaya Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala. Penelitian ini menggunakan survey analitik dengan pendekatan cross sectional dengan sampel sebanyak 52.

Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara pola makan dengan status gizi anak balita di Desa Kavaya Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala dengan nilai p=0,00 dan ada hubungan antara riwayat penyakit diare dengan status gizi anak balita di Desa Kavaya Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala, hal ini di buktikan dengan uji chi-square dengan hasil nilai p=0,00.

Peneliti menyarankan agar petugas kesehatan lebih meningkatkan sistem koordinasi dengan pihak Instansi yang terkait untuk meningkatkan informasi yang dibutuhkan khususnya di bidang kesehatan.

Kata Kunci : Pola Makan, Riwayat Penyakit Diare, Status Gizi


Full Text:

PDF

References


Departemen Kesehatan Republik Indonesia, 2013. Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Tatalaksana Anak Gizi Buruk Bagi Tenaga Kesehatan. Direktorat Jendral Bina Kesehatan Masyarakat, Jakarta

Dina dan Maria, 2011. Pemberian Makanan Pendampig ASI. Puspa Swara, Jakarta

Supriasa, dkk. 2011. Penilaian Status Gizi. Buku Kedokteran EGC, Jakarta.

Yulia, C., sunarti, E., Rosita, K. 2010. Pola Asuh Makan dan Kesehatan Anak Balita Pada Keluarga di PTPN VIII Pengalengan. Info Pangan dan Gizi Volume XIX No. 2.


Article Statistic

Abstract view : 12 times
PDF views : 10 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.