HUBUNGAN PELAYANAN PETUGAS DAN KETERSEDIAAN FASILITAS DENGAN KEPUASAN PASIEN DI POLI UMUM PUSKESMAS DOLO KECAMATAN DOLO KABUPATEN SIGI

Ranti Iwan(1*), Sudirman Sudirman(2), Rosnawati Rosnawati(3)


(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.798

Abstract


Salah satui ndikator keberhasilan pelayanan kesehatan di puskesmas adalah. Kepuasan pasien adalah perasaan kecewa maupun senang yang muncul setelah membandingkan kinerja produk yang difikirkan terhadap hasil yang di harapkan. Rasa puas atau tidaknya pasien adalah kesimpulan interaksi antara harapan dan hasil sesudah memakai jasa atau pelayanan yang di berikan. dan rasa puas yang tercipta dapat di sebabkan oleh beberapa faktor diantarahnya adalah pelayanan petugas, yaitu sikap petugas, keterampilan petugas, dan ketersediaan fasilitas oleh instansi kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pelayanan petugas dan ketersediaan fasilitas dengan kepuasan pasien di Puskesmas Dolo Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi.

Jenis penelitian ini adalah menggunakan desain observasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Cara penarikan sampel menggunakan teknik accidental sampling.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya hubungan yang bermakna antara pelayanan petugas dengan kepuasan pasien dengan nilai P value = 0.000 (P ≤ 0,05). Dan adahnya hubungan yang bermakna antara ketersediaan fasilitas dengan kepuasan pasien dengan nilai p value = 0.000 (P ≤ 0,05)

Berdasarkan hasil penelitian di harapakan agar mempertahankan atau meningkatkan lagi kualitas pelayanan sehingga kepuasan pasien semakin meningkat lagi di tahun mendatang, serta dapat menentukan kebijakan yang tepat untuk penyempurnaan pelayanan kesehaan yang akan di berikan.

 

Kata kunci: Kepuasan Pasien, Pelayanan Petugas, Ketersediaan Fasilitas

Full Text:

PDF

References


Abdul Haris Pontoh, 2014. Hubungan Pelayanan Petugas Dan Ketersedian Sarana Dengan Kepuasan Pasien Di Poli Umum Puskesmas Tompe Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Palu.

Agiah Azkia, 2018. Potret miris puskesmas di pelosok negeri.Di akses tanggal 4 desember 2018.

Agustin cinde kokasih, 2018. Hubungan antara waktu tunggu pelayanan dan ketersedian obat terhadap kepuasan pasien di puskesmas loa janan kabupaten kutai kartanegara. Skripsi fakultas ilmu kesehatan dan farmasiuniversitas muhammadiyah Kalimantan timur.

Anonim, 2019. jangan ragu ke puskesmas dan dapat pelayanan kesehatan ini https://www.alodokter.. Diakses tanggal 1 februari 2019.

Badan Pusat Statistik Sulteng, 2018. Jumlah fasilitas kesehatan menurut kabupaten/kota di provinsi Sulawesi tengah

Buchbinder, S. B., & Shanks, N. H. (2014). Manajemen Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Bustami, (2011a). Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga

Bustami. (2011b). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga.

Chyntia Saputri, 2018. Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Tingkat KepuasanPasien Peserta Bpjs Di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam Rsud Dr. H Abdul Moeloek. Skripsi Fakultas Kedokteran UniversitasLampung Bandar Lampung.

Cresti RatnaSari, 2018. Hubungan ketersedian fasilitas, keramahan, lama pelayanan, usia dan tingkat pendidikan terhadap pemilihan tempat pemberi pelayanan kesehatan pada peserta Askes di Puskesmas Pandanaran Kota Semarang.Kti. program pendidikan Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran UNDIP Semarang.

DewiKania, okezone, 2018. https://lifestyle.okezone.com/red/2018/10/08/90-puskesmas-dan rumah sakit di palu-sigi-donggala.Aktiflayani-penyintas gempa

Felisitas Evanjelina Manu Lena, 2018. pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas rumah sakit terhadap kepuasan pasien. skripsi sarjana program studi manajemen juruan manajemen fakultas ekonomi universitas sanata dharma Yogyakarta.

Firdaus, F. F., dkk, 2015. Evaluasi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta Bpjs Di Rsud PanembahanSenopati Bantul. Muhammadiyah University Yogyakarta.

Hana P. Tombi, dkk,2017.Hubungan Antara Karakteristik Masyarakat Kelurahan Sindulang I Dengan Pemanfaatan Puskesmas Tuminting Bidang Minat Administrasi Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan MasyarakatUniversitas Sam Ratulangi Manado

Indarty,d, 2014. Analisis Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien. Skripsi Sarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin.

Komarudin, 2014. Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik, Genesindo, Jakarta, 2014.

Kotler, Philip, & dkk, 2016. Marketing Management. 15 th Edition. United States : Pearson Education.

Miranty, k. 2013. Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Skripsi Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin. Makasar.

Muhammad Rifial, 2013. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas )Rawat Jalan Di Rumah Sakit Daerah Madani Palu, Skripsi Sarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu.

Nurul Balqis Shofiana dan Dkk, 2019. Analisis proses pelayanan pendaftaran pasien di puskesmas Jatis Rono 1 Kabupaten Wonogiri. Jurnal Kesehatan Masyarakat (online) volume 7 nomor 1 januari 2019 (ISSN : 2356-3346)

Nursalam, 2014. manajemen keperawatan, aplikasi dalam praktik keperawatan professional edisi 4. Jakarta, Salemba Medika

Permenkes RI Nomor 75, 2014. Pusat kesehatan masyarakat, Jakarta, Menkes RI, 2014

Petrus Bambang Sulistyo, 2016. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehata Dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Di Puslesmas Delangu Kabupaten Klaten. Skripsi Sarjana Keperawatan Stikes Kusuma Husada Surakarta

Profil kesehatan Indonesia, 2017. Data dan informasi kementrian kesehatan RI 2018.

Rahmat Ramli, 2018. Analisis faktor- faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien pada pelayanan kesehatan di PuskesmasTeppo Kabupaten Pinrang .Hibualamo:Seri Ilmu-ilmu Alam dan Kesehatan

Vol. 2, No. 2, Tahun 2018

Rani Nadyatur Rahmah, 2017. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Di Puskesmas Sukajadi Kota Bandung Polteknik Kesehatan Bandung Jurusan Keperawatan Gigi.

Ronal Riandi, 2018. Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas wonorejo samarinda. Skripsi, Fakultas Ilmu Kesehatan,Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Sri Purwati Dan Dkk, 2017. Hubungan pelayanan perawat dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Wisata Dau Malang.Nursing News Volume 2, Nomor 2, 2017

Sitti Utami, 2017. Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasiendipuskes-mas kayamanya kabupatenposo.Skripsi

Kesehatan MasyarakatUniversitas

muhammadiyah palu

Siswoyono, 2017. Faktor- faktor yang berhubungan dengan kepuasan

pasien rawat jalan di Puskesmas Kota Pekanbaru, Skripsi. Fakultas

Ilmu Kesehatan, Universitas

Muhammaadiyah Surakarta.

Sudirman, SKM,M.kes, 2016. kualitas

pelayanan rumah sakit.cepcis (center

for policy analysis) pt.leutika prio

Suparta dan Dkk, 2018. Hubungan mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien di poli umum puskesmas lompoe kota pare-pare. Volume 7 Nomor 1 Bulan Juli Tahun 2018 ISSN:

-9394

Tjiptono dan Fandy, 2016. Service Quality Satisfaction 4th ed.Yogyakarta:Andi.

Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit (Lembaran Negara Republik Idonesia No. 153, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia No. 5072.

WHO, 2014.Enam masalah kesehatan. https://m.bisnis. com/lifestyle/read /20141025 / 267720/who-prioritenam-prioritas-masalah-kesehatan-di-dunia

Yaser, T.H, 2015.Analisis kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kamar obat dipuskesmas surabaya utara. Fakultas Farmasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya

Vol.2.No.2


Article Statistic

Abstract view : 88 times
PDF views : 16 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.