GAMBARAN KEJADIAN DERMATITIS DI PENGUNGSIAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS KAMONJI.

Saripa Salma(1*), Nur Afni(2), Mohamad Andri(3)


(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.794

Abstract


Dermatitis adalah peradangan pada kulit yang menimbulkan gejala keluhan gatal. Salah satu factor penyebab dermatitis yaitu personal hygiene yang buruk. Adapun tujuan dari penelitia ini adalah untuk mengetahui gambaran kejadian dermatitis di pengungsian wilyah kerja Puskesmas Kamonji. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriftif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tehnik multi stage sampling, dengan jumlah responden sebanyak 94 yang tersebar di 4 titik pengungsian. Hasil penelitian menunjukah bahwa variable kebersihan handuk berada dalam kategori buruk dapat dilihat sebanyak 56 responden (59,6%) memiliki ebersihan handuk tidak baik. Kebersihan badan berada dalam kategori baik dilihat dari 74 responden (78,7%) memiliki kebersihan badan baik. CTPS berada dalam kategori baik dari 90 responden (95,7) memilki kebersihan handuk baik. Kebersihan pakaian baik dari 83 responden (88,3%). Penelitian ini menyarankan kepada pihak Puskesmas agar rutin melaksanakan penyuluhan tentang personal hygiene serta pemeriksaan kepada pengungsi agar pengungsi dapat mengetahui bagaimana cara mencegah dermatitis yang baik dan benar.


Kata Kunci      : Dermatitis, Personal Hygiene, Handuk, Badan, CTPS, Pakaian


Full Text:

PDF

References


Gofur, A., & Syam, N. 2018. Determinan Kejadian Dermatitis Di Puskesmas Rappokaling Kota Makassar. Jurnal Keseahatan Masyarakat , E-ISSN 2614-5375.

Dinarti, R. 2014. Diagnosisi Dan Tatalaksana Dermatitis Atopik Di Indonesi. Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit Dan Kelamin Indonesia. ISBN No: 978-602-71185-0-8.

Nincy, G. Chusniati, N. 2016. Hubungan Tingkat Keparahan Dan Kualitas Hidup Pada Pasien Dermatitis Aopik Anak Di RS. PKU 1 Muhammadiyah Gogyakarta. Jurnal Kesehatan Masyarkat.

Ayu, D. Indrastiti, R. Ratnaninggur ,K. 2018. Hubungan Perilaku Perawatan Rambut Terhadap Kejadian Dermatitis SeboroikpadaSiswi SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat Vol.2No.4Februari 2018

Eliska, N. Thaha, A, M. Anwar, C. 2015. Faktor Risiko Kejadian Dermatitis Atopik. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, Vol 2, Nomor 1.

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah 2017

Abraham, R. 2019. Data Dermatitis Pasca Bencana, Dinas Kesehatan Kota Palu Sulawesi Tengah, Palu.

Profil Puskesmas Kamonji 2018

Safriyant. Lestari, H. Ibrahim, K. 2016. Hubungan Personal Hygiene, Lama Kontak Dan Riwayat Penyakit Kulit Dengan Kejadian Dermatitis Kontak Pada Petani Rumput Laut Di Desa Akuni Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Kristina, L., Mifbakhuddin, & Astuti, R. 2015. Hubungan Kualitas Air Dan Personal Hygiene Dengan Kejadian Dermatitis. Jurnal Kesehatan Masyarakat

Noorhisam, S. N. F. 2017. Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Personal Hygiene Dengan Kejadian Dermatitis Atopik Pada Anak Di SD Yayasan Pendidikan Shafiatul Amaliyah Medan. Universitas Sumatra Utara. Skrips.

Jesika, p., Hilal, N., & Komsatun. 2016. Hubungan Jenis Sumber Air dan Personal Hygiene dengan Kejadian Penyakit Dermatitis di Desa Kedungrandu Kecamatan Patikraja Kabupatem Banyumas . Jurnal Kesehatan Masyarakat .

Putri, S. A. Nirmala, F. Akifah. 2016. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Gejala Dermatitis Kontak Pada Pekerja Bengkel Motor Di Wilayah Kota Kendari Jimkesmas Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat vol.2/no.6/maret2017; issn250-731x

Guna, A. M. & Amatiri, G. 2015. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Dalam Upaya Mencegah Penyakit Kulit Pada Santri Di Pondok Pesantren Nurul Huda. Jurnal Keperawatan, Volume XI, No. 1. ISSN 1907 – 0357

Pradananingrum, S., Lestantyo, D., & Jayanti, S. 2018. Hubungan Personal Hygiene, Lama Konta, dan Masa Kerja Dengan Gejala Dermatitis Pada Pengarajin Tahu Mrican Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat , Vol 6, Nomor 4.


Article Statistic

Abstract view : 127 times
PDF views : 83 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.