Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Penyakit Hipertensi di Pengungsian Wilayah Kerja Puskesmas Kamonji

Sagita Sagita(1*), Budiman Budiman(2), Nurjanah Nurjanah(3)


(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.789

Abstract


Hipertensi merupakan penyakit tidak menular sampai saat ini masih menjadi masalah kesehatan karena masih menjadi penyebab satu dari sepuluh kematian.Kasus hipertensi menjadi trend penyakit pasca bencana,bisa dilihat dari laporan Dinas Kesehat Kota Palu hipertensi yang terasuk 10 penyakit tertinggi pasca bencana di Kota Palu.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan aktivitas fisik, pola makan dan pola tidur dengan penyakit hipertensi di pengungsian wilayah kerja Puskesmas Kamonji.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik kuatitatif dengan menggunakan metode cross sectional, yaitu dengan mecari hubungan anatar variabel independen dan dependen kemudia kedua variabel diamati dalam waktu yang bersamaan.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan pendekatan secara multi stage sampling. Pertama menggunakan Propotional sampling untuk mengambil sampel dengan memperhatikan pertimbangan unsure-unsur atau kategori didalam populasi penelitian kemudian mengunakan simple random sampling yaitu pengabilan sampel secara acak.Berdasarkan hasil uji chi-square yang di lakukan menunujukkan bahwa aktivitas fisik dengan penyakit hipertensi diperoleh p value = 0,803artinya  aktivitas fisik tidak ada hubungan dengan penyakit hipertensi, pola makan dengan penyakit hipertensi diperoleh p = 0,038 artinya pola makan ada hubungan dengan penyakit hipertensi sementara pola makan dengan penyakit hipertensi di peroleh p value = 0.586  artinya pola makan tidak ada hubungan dengan penyakit hipertensi, Di tujukan bagi pihak Puskesmas Kamonji agar rutin melaksanakan penyuluhan khususnya kepada penderita hipertensi tentang pengaruh gaya hidup dalam hal ini pola makan yang tidak sehat yang berefek pada penigkatan tekanan darah.

Kata Kunci : Hipertensi, Aktivitas Fisik, Pola Makan, Pola Tidur

Full Text:

PDF

References


Saputra, O. & Anam, K. 2016. Gaya Hidup Sebagai Faktor Risiko Hipertensi Pada Masyarakat Pesisir Pantai. Majority Journal, Volume 5 | Nomor 3, hal 2-4.

Pangaribuan, L. & Lolong, D. B. 2015. Hubungan Penggunaan Kontrasepsi Pil

Dengan Kejadian Hipertensi Pada Wanita Usia 15-49 Tahun Di Indonesia Tahun 2013 (Analisis Data Riskesdas 2013). Media Litbangkes, Vol. 25 No. 2, 2.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), 2018. Prevalensi Hipertensi.

Suoth, M., Bidjuni, H. & Malara, R. T. 2014. Hubungan Gaya Hidup Dengan Kejadian Hipertensi Di Puskesmas Kolongan Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara. Ejournal Keperawatan (E-Kp), Volume 2. Nomor 1., hal 2-9.

Novitaningtyas, T. 2014. Hubungan Karakteristik (Umur, Jenis Kelamin, Tingkat Pendidikan) Dan Aktivitas Fisik Dengan Tekanan Darah Pada Lansia Di Kelurahan Makamhaji Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Naskah Publikasi, hal 4.

Yaqin, U. F. N. 2016. Hubungan Kualitas Tidur Dengan Tekanan Darah Program Ilmu Keperawatan Universitas Jember. Skripsi, hal 23.

Lamadjido Arniwaty Reny. 2018. Profil Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Tengah (tidak dipublikasikan),Dinkes Propinsi Sulawesi Tengah

Abraham, R. 2019, Data Hipertensi Pasca Bencana, Dinas Kesehatan Kota Palu Sulawesi Tengah (tidak di piblikasikan) Dinas Kesehatan Kota Palu.

Situmorang, P. R. 2015. Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi Pada Penderita Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Sari Mutiara Medan Tahun 2014. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, Vol. 1 No. 1, hal 2.

Santoso. P. A, 2013. Hubungan Antara Aktivitas Fisik Dan Asupan Magnesium

Dengan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Rawat Jalan Rsud Dr. Moewardidisurakarta. Naskah Publikasi.

Atun dkk, 2014 Asupan Sumber Natrium, Rasio Kalium Natrium, Aktivitas Fisik Dan Tekanan Darah Pasien Hipertensi. MGMI Vol. 6, No.

Mahmudah dkk.2015. Hubungan Gaya Hidup Dan Pola Makan Dengan Kejadian Hipertensi Pada Lansia Di Kelurahan Sawangan Baru Kota Depok Tahun 2015.Biomedika. Vol.7.No2

Andria. 2013 Hubungan Antara Perilaku Olahraga, Stress dan Pola Makan dengan

Tingkat Hipertensi di Pada Lanjut Usia di Posyandu Lansia Kelurahan Gebang Putih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. Jurnal Promkes, Vol.1 No.2.

Gusti. F. I. dkk, 2015. Hubungan Antara Obesitas, Pola Makan, Aktifitas Fisik,

Merokok Dan Lama Tidur Dengan Kejadian Hipertensi Pada Lansia (Studi Kasus Di Desa Limbung Dusun Mulyorejo Dan Sido Mulyo Posyandu Bunda Kabupaten Kubu Raya) Jurnal Mahasiswa dan Peneliti Kesehatan Jumantik.

Amanda, H dkk,2017. Hubungan Kualitas Tidur Dengan Tingkat Kekambuhan Hipertensi Pada Lansia Di Kelurahan Tlogomas Kota Malang. Nursing News Vol 2, No 3.

Sihotang dkk, 2016 Hubungan Pola Makan Dan Kecukupan Istirahat Tidur Dengan Kejadian Hipertensi Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Biromaru Jurnal Kesehatan Tadulako Vol. 2 No.1


Article Statistic

Abstract view : 279 times
PDF views : 177 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.