ANALISIS KONDISI SANITASI DAN PERSONAL HYGIENE NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA KOTA PALU

Ayu Setya Ningsih(1*), Budiman Budiman(2), Andi Reza Alief(3)


(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.788

Abstract


Kesehatan lingkungan adalah suatu keseimbangan ekologi yang harus ada antara manusia dan lingkungan agar dapat menjamin keadaan sehat dari manusia. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi sanitasi dan personal hygiene narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Kota Palu. Penelitian ini dilakukan dalam benuk penelitian kualitatif dengan pendekatan dengan pendekatan fenomenologi yaitu dengan melakukan pengamatan dan In-depth Interview dengan 10 informan, dimana 3 informan kunci merupakan petugas kasibinadik, petugas wakaruga, dan petugas kesehatan klinik, penelitian ini dilaksanakan mulai dari tanggal 10 Mei sampai 25 Juni 2019 di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Kota Palu. Dari hasil penelitian tentang analisis kondisi sanitasi dan personal hygiene  narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Kota Palu dapat disimpulkan bahwa dari segi kondisi sanitasi air bersih, sampah, jamban, dan SPAL sudah cukup baik dan kebersihannya selalu dijaga mereka menggunakan sistem piket harian dalam menjaga kebersihan kamar disetiap bloknya. Dan dari personal hygiene nya setiap individu narapidana sudah baik dari berpakaian yang baik, kebersihan tangan dan kuku, kebersihan handuk dan kebersihan tempat tidurnya. Disarankan kepada petugas Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Kota Palu lebih diperketat lagi dalam pengawasan setiap narapidana agar lebih terjaga lagi kebersihan lingkungannya dan personal hygiene nya, dan juga bisa mengadakan penyuluhan kesehatan terlebih untuk kebersihan lingkungan sanitasi dan personal hygiene nya agar supaya mereka para narapidana lebih paham lagi dalam menjaga kebersihan diri mereka sendiri.

Kata Kunci       : Sanitasi, Personal Hygiene, Lembaga Pemasyarakatan


Full Text:

PDF

References


Budiman, Hamidah, Muhammad Faqih, 2015, Hubungan Kebersihan Perorangan dan Kondisi Fisik Air dengan Kejadian Scabies di Desa Wombo Kecamatan Tanantovea Kabupaten Donggala.

Gafur Abd, Syam Nasruddin, 2018, Determinan Kejadian Dermatitis Di Puskesmas Rappokalling, Kota Makassar, Window of Health, Vol. 1 No. 1.

Hermawan Yoni, Ikhsan Komara, 2013,Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Lingkungan Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Pelaksanaan Kesehatan Lingkungan SMP NEGERI Tambaksari, Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis.

Mahardika T.N.A dkk, 2018, Gambaran Kualitas Bakteriologis Air Sumur Gali Di Wilayah Kerja Puskesmas Pengash 1, Kabupaten Kulon Progo.

Minanda Oktariza, Suhartono, Dharminto, 2018, Gambaran Kondisi Sanitasi Lingkungan Rumah Dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Buayan Kab. Kebumen Bagian JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT (e-Journal) Volume 6, Nomor 4, Agustus 2018.

Novantoro, Eric Tri, 2018, Implementasi Izin Keluar Lapas Dalam Hal Luar BIasa Menurut Pasal 52 Ayat (1) Huruf (b) Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 1999 Tentang Syarat Dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas Klas I, Kota Madiun.

Rita Kartika Sari, Ratnawati, Livana, 2018, Gambaran Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Cakupan Kepemilikan Jamban Sehat Ph2.

Roat Charly, dkk, 2018, Gambaran Kesehatan Lingkungan Sekolah Di Wilayah Kerja Puskesmas Tongkaina, Vol. 7 No. 5, 2018 .

Ramadhan, Alban dan Prof.Dr.J.Priyanbodo,dr.,MS.,Sp.MK, 2016, Perbandingan Bakteriologi Escherichia Coli Pada Sumber Air Minum Sumur Gali Dengan Sumber Air Minum Sumur Bor Di Terminal Tirtonadi Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sejati. (2009). Pengolahan Sampah Terpadu dengan Sistem Node, Sub Point, Center Point. Kanisius. Yogyakarta.

Sari P.F, 2018, Kerjasama Pemerintah Indonesia dan United Nations International Children’s Emergency Fund (UNICEF) Melalui Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Untuk Menanggulangi Masalah Sanitasi Di Indonesia.


Article Statistic

Abstract view : 160 times
PDF views : 68 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.