HUBUNGAN PERAN KELUARGA DAN PERAN TENAGA KESEHATAN DALAM KEPATUHAN PENGOBATAN PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SANGURARA KOTA PALU

Muthmainnah Muthmainnah(1*), Firdaus J. Kunoli(2), Nurjanah Nurjanah(3)


(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.784

Abstract


Hipertensi merupakan penyakit tidak menular sampai saat ini masih menjadi masalah kesehatan karena masih menjadi penyebab satu dari sepuluh kematian. Kasus Hipertensi menurut data Dinas Kesehatan Kota Palu, tertinggi di puskesmas Sangurara dimana jumlah kasusnya menigkat, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan peran keluarga dan peran tenaga kesehatan dalam kepatuhan pengobatan penderita hipertensi.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik kuatitatif dengan menggunakan metode cross sectional, yaitu dengan mecari hubungan antara variabel independen dan dependen kemudian kedua variabel diamati dalam waktu yang bersamaan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Accidental Sampling yaitu dengan mengambil sampel secara kebetulan bertemu ditempat penelitian.

Berdasarkan hasil uji chi-square yang di lakukan menunujukkan bahwa peran keluarga dengan kepatuhan pengobatan diperoleh p value = 0,038 artinya  ada hubungan peran keluarga dengan kepatuhan pengobatan penderita hipertensi, dan peran tenaga kesehatan dengan kepatuhan pengobatan diperoleh p value = 0,001 artinya ada hubungan peran tenaga kesehatan dengan kepatuhan pengobatan pendertita hipertensi.

Di tujukan bagi pihak Puskesmas sangurara agar mempertahankan kualitas pelayanan dan promosi kesehatan kepada masyarakat agar kepatuhan berobat semakin tinggi.

Kata Kunci : Peran Keluarga, Peran Tenaga Kesehatan, Kepatuhan Berobat Hipertensi


Full Text:

PDF

References


Bisnu M. Isra. K. Hi., B. J. K. M., 2017. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Derajat. E-Journal Keperawatan (E-Kp), Vol 5, No, 1

Fitri, D. R., 2015. Diagnose Enforcement And Treatment Of. Jurnal Majority, Vol 4, No 3 .

Hastuti Hera, I. A. (2016). hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan pengobatan penderita hipertensi. Jurnal JKFT, Vol 2, No 2.

Mangendai Yulike, S. R. S. H., 2017. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan. E-Journal Keperawatan (E-Kp), Vol 5, No 1.

Manoppo, E. J., 2018. Hubungan Peran Perawat Sebagai Edukator Dengan Kepatuhan Penatalaksanaan Hipertensi Di Puskesmas Tahuna Timur. E-Journal Keperawatan (E-Kp), Vol 6, No 1.

Martiningsih Utari, F. R. F. K. F., 2015. Hubungan Peran Petugas Kesehatan Terhadap Kepatuhan Minum Obat Antihipertensi Pada Penderita Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Parit H. Husin Ii Kota Pontianak. Jurnal Proners, Vol 3, No 1.

Profil Dinas Kesehatan Kota Palu (Tidak Dipublikasikan ), Dinkes Kota Palu Sulawesi Tengah. Palu, 2018

Profil Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Tengah (Tidak Dipublikasikan), Dinkes Propinsi Sulawesi Tengah, 2017

Profil Puskesmas Sangurara Kota Palu, 2018

Pratiwi Rosaria Ika, M. P. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Pasien Hipertensi Dalam Penggunaan Obat Di RSUD Kardinah. jurnal Seminar Nasional IPTEK Terapan (SENIT),Vol 2 No 1

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas),2018. Prevelensi Hipertensi

Susanto, Y., 2015. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minumobatpasien Hipertensi Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmassungai Cuka Kabupaten Tanah Laut. Jurnal Ilmiah Manuntung, Vol 1, No 1.

Utami, R. S., 2016. Hubungan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Kepatuhan Berobat Penderita Hipertensi Di Puskesmas Tualang. Jurnal Psikologi, Vol 12, No 1.

Violita, Fajrin, 2015, Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Minum Obat Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Segeri, Universitas Hasanuddin

Yashinta, S. G. O., 2015. Hubungan Merokok Dengan Kejadian Hipertensi Pada Laki Laki Usia 35-65 Tahun Di Kota Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, Vol 4, No 2.


Article Statistic

Abstract view : 117 times
PDF views : 13 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.