HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PENGGUNAAN APD PADAPEKERJA KASUR DI DESA DALAKA KECAMATAN SINDUE KABUPATEN DONGGALA.

Nurzaidah Nurzaidah(1*), Miswan Miswan(2), Mohamad Andri(3)


(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/jom.v1i1.756

Abstract


Alat Pelindung Diri adalah alat-alat yang dipakai untuk melindungi perorangan dari bahaya yang ditimbulkan oleh pekerjaan yang dilakukannya. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui Hubungan Pengetahuan dan sikap dengan Penggunaan APD Pada Pekerja Kasur  di Desa Dalaka Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala.Penelitiansurvei analitik dengan pendekatan cross sectional study digunakan untuk mengukur  variabel independen dan dependen secara bersamaan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap pada pekerja kasur. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik (simple random sampling) yang berjumlah 68 responden.Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan denganpenggunaan APD dengan nilai ρ value = 0,000 nilai α= 0,05 dan ada hubungan yang bermakna antara sikap dengan penggunaan APDdengan nilai ρ value = 0,000 nilaiα= 0,05.Penelitian ini menyarankan kepada instansi agar lebih meningkatkan penyuluhan kepada masyarakat.

Kata Kunci: Pengetahuan dan Sikap Pekerja Kasur Dengan Penggunaan APD.


Full Text:

PDF

References


Anizar, 2012. TeknikKeselamatandanKesehatanKerjaIndustri,GrahaIlmu, Yogyakarta.

Azwar, 2016. Pengetahuan Dan Sikap Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta.

JaminanKesehatanNasional. 2017. Data Kasus, http://www.Republika. co.id. diaskes 20 Desember 2018

Keceakaan Kerja. 2012. Pusat Data Informasi Kementrian Kesehatan RI diakses tanggal 20 januari 2019. www. Kecelakaan kerja.com.

Nunik, 2009. Pemakaian Alat Pelindung Diri Dalam Memberikan PerlindunganBagi Tenaga Kerja di Instansi Rawat Inap RSUP. Dr. Sardjito Yogyakarta. Yogyakarta: FKUSM.

Nenitriana, 2015.StudiPengetahuandansikapPemulungTerhadapPenggunaanAlatPelindungDiri(APD) PadaTempatPembuanganSampah. Kel. Kawatuna, KaryaTulisIlmiah. AkademikKeslingPalu.

Notoatmodjo S, 2010.Pengetahuan dan SikapKesehatan,Rineka Cipta,Jakarta

Reny dkk, 2014. Pengaruh Sosialisasi SOP APD dengan Perilaku Perawat Dalam Penggunaan APD di RSUD.Dr. H.Soewondo STIKES Tolongotejo: Semarang.

Widodo, 2015. Pelatihan (in- House Training) KeselamatandanKesehatanKerja (K3) RumahSakit, RumahSakitUmum Daerah UndataPalu: Palu.

VondraAnggi, 2015. Hubungan Antara Pengetahuan Dan SikapDenganPenggunaanAlatpelindungDiri (APD) PadaPekerja Di Unit KerjaProduksiPengecoranLogam.UniversitasMuhammadiyah Surakarta.

Kusuma RY, 2013. Hubungan Antara Pengetahuan,Sikap, danKenyamanandenganPenggunaanAlatPelindungWajahPadaPekerja Las ListrikKawasanSimongan Semarang.UniversitasNegeri Semarang.


Article Statistic

Abstract view : 11 times
PDF views : 2 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.